Follow Us

Suka Pengabdi Setan? Pelajari Yuk 4 Tips Bikin Film Keren Dari Joko Anwar Ini

Rizki Ramadan - Jumat, 06 Oktober 2017 | 02:58
Joko Anwar
Rizki Ramadan

Joko Anwar

Film yang keren itu nggak bisa cuma modal ide yang keren, melainkan juga naskah cerita dan pengembangan karakter yang kuat. Tentu, ada trik khusus biar bisa bikin naskah yang okeh.

Karena itu HAI ikut dateng saat Joko Anwar, sutradara film Pengabdi Setan yang baru Kamis (05/10) kemarin mendapat 13 nominasi di FFI 2017.

Sebelum lebih jauh lagi baca ilmu yang HAI curi, ada satu hal yang perlu kamu tahu. Penulisan naskah itu adalah soal story telling. Dan bagi Joko Anwar, cerita adalah perjalanan karakter yang punya kehidupan seimbang lalu terjadi sesuatu yang mengganggu keseimbangan tersebut, dan akhirnya ia berusaha mengembalikannya.

Nah, yuk simak tips lebih lanjutnya.

1. Mulai Dengan Premis

“Premis adalah satu kaliman yang merangkum cerita,” jelas Joko Anwar. Yap, sebelum mulai mengembangkan naskah, kamu harus bisa menceritakan film dalam satu kalimat.

Joko Anwar mencontohkan premisnya film Laskar Pelangi, “Premisnya adalah seorang guru di tempat terpencil dan miskin berusaha mempertahankan jumlah muridnya biar sekolah bisa bertahan.”

Nah, butuh kreativitas memang untuk bisa merangkum banyaknya ide cuma jadi satu kalimat. Tapi, kamu kudu bisa!

(Cek:N666eri, Ini 6 Film Horor Klasik Indonesia Yang Mesti Kamu Tonton. Kalau Berani Aja, sih! )

2. Harus Jelas, Fresh dan Menarik

Yap, cerita kudu bisa jelas disampaikan. Terus, idenya pun harus baru alias segar. “caranya tau fresh atau nggak ya sering-seringlah nonton film,” kata Joko Anwar.

Terakhir, idenya yang segar itu juga harus menarik. Senggaknya bikin orang antusias deh kalau denger ceritanya. Menarik itu bisa karena beberapa hal, misalnya relevansi dengan kehidupan sosial, idenya yang imajinatif, dll.

Halaman Selanjutnya

3. Perkuat Karakter
1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest