Follow Us

Lakukan 6 Hal Ini Ketika Terjadi Hal Darurat Saat Travelling

Alvin Bahar - Kamis, 28 September 2017 | 04:36
Travelling Tanpa Posting
Alvin Bahar

Travelling Tanpa Posting

Tren travelling emang lagi hype di kalangan anak muda kayak kita. Cuma yang namanya travelling, sering banget ada kejadian yang nggak kita inginkan. Mulai dari lupa bawa charger sampe kena diare. Nah berikut 6 tips darurat travelling yang biasa dialami traveller pemula nih dilansir dari Kompas.com.

1. Kalau charger smartphone ketinggalan

Nggak sedikit nih yang udah tahu smartphone itu penting, charger malah ketinggalan. Kalau charger ponsel ketinggalan, lo bisa banget tanya housekeeping atau resepsionis hotel buat tanya ada charger yang bisa dipakai atau nggak. Karena biasanya banyak juga charger yang tertinggal di tempat penginapan semacam itu.

2. Resleting rusak atau macet

Kalau resleting tas ransel atau koper lo nggak bisa menutup atau macet, olesin aja sabun di bagian yang macet. Jika tidak mau tertutup, periksa bagian resleting yang bengkok dan tekuk sampai bisa ditutup. Kalau masih nggak bisa juga, lo bisa jahit tas itu. Tapi pastikan nggak ada barang yang mesti diambil dari ransel atau koper lo.

3. Kalau ada kutu busuk

Bisa jadi ini yang paling menyebalkan. Karena nggak jarang rumah penginapan atau losmen kerap memiliki kasur yang berkutu. Sebaiknya sebelum tidur periksa dulu ada bintik-bintik hitam nggak. Karena kalau udah terlanjur kena kutu, sebaiknya minta ganti kamar aja. Karena dapetin pelayanan terbaik itu hak lo juga. Efeknya bakal lebih berbahaya buat yang punya alergi.

Untuk pertolongan pertama, cuci bagian yang gatal dengan sabun dan air. Gosok dengan sabun sampai berbusa, diamkan sebentar, terus bilas pakai air bersih. Lakukan hal ini beberapa kali.

4. Diare

Entah karena destinasinya kurang bersih atau nggak cocok sama makanannya, traveller sangat mungkin kena penyakit diare. Pertolongan pertama kalau kena diare dengan minum air putih sebanyak-banyaknya supaya nggak dehidrasi.

Kalau BAB terlalu sering atau lebih dari enam kali sehari, minum aja oralit tiap habis BAB. Dalam keadaan darurat, oralit bisa dibuat dengan larutan garam dan gula.

5. Ransel Bolong

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest