Follow Us

Wah, Perpusatakaan Tertinggi di Dunia Ada di Indonesia! Di Mana, Sih, Lokasinya?

Fadli Adzani - Selasa, 19 September 2017 | 09:51
Jokowi sedang meresmikan Perpusnas
Fadli Adzani

Jokowi sedang meresmikan Perpusnas

Lo pernah bayangin nggak sih baca buku di ketinggian? Sekarang bisa, Bro! Karena belum lama ini Indonesia, tepatnya Jakarta punya gedung perpustakaan tertinggi di dunia yang baru diresemikan Presiden Joko Widodo.

Perpustakaan yang dibangun sejak dua tahun empat bulan ini punya 27 lantai, loh! Hal itu seperti yang dilansir Kompas.com diungkap langsung Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat peresmian gedung Perpustakaan Nasional, Kamis (14/9).

"Dulu, ini hanya tiga lantai, enggak ada yang mau datang ke sini. Sekarang 27 lantai plus satu lantai basement. Jadi enggak kaget kalau gedung ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan," ujar Jokowi kepada Kompas.com

Jadi, gedung Perpustakaan Nasional ini punya lahan seluas 11.975 meter persegi. Bangunannya sendiri, nih, Sob, luasnya 50.917 meter persegi yang memiliki tinggi 126.3 meter. Mengusung konsep green building, Perpusnas ini konsumsi energinya sebesar 150kwh/mm2 per tahun. Bentuknya juga memang dibuat seperti jendela persegi yang mengartikan perpustakaan sebagai jendela dunia.

Beragam Fasilitas

Di sini, kesan perpustakaan yang mungkin bagi lo membosankan nggak bakal ditemuin deh. Nyatanya, lo malah bisa asik nongkrong di sini. Banyak fasilitas yang bisa dimanfaatin buat menunjang beragam aktivitas.

Contohnya, ada ruang teater, ruang zona promosi, layanan koleksi buku langka, data center, lukisan, dan layanan multimedia. Pastinya juga lo akan mendapat pelayanan keanggotaan di ruang layanan keanggotaan perpustakaan nasional, Bro!

Kalau lo ke sini mau ajak adek lo juga bisa, karena di Perpusnas ini ada layanan khusus anak. Ada juga layanan lansia dan disabilitas, loh!

Namanya perpustakaan pasti isinya buku 'kan ya. Nah, Perpusnas ini punya koleksi 2,6 juta buku yang bisa lo manfaatin untuk menambah wawasan. Bahkan, naskah-naskah kuno juga ada di sini, salah satunya naskah kuno tertua dari abad ke-16 dari Garut. Ke depan juga koleksinya bakal ditambah terus menerus.

Diperkirakan bahkan lima tahun ke depan koleksi bukunya dapat menjadi 20 juta dengan total daya tampung sekitar 70 juta buku.

Bagi lo yang sudah nggak sabar untuk nongkrong-nongkrong di perpustakaan tertinggi di dunia ini, langsung aja datang ke Perpusnas. Alamatnya di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Dengan view langsung ke Monas, dijamin pengalaman membaca lo di ketinggian makin terkenang.

(Dewi Rachmanita Syiam)

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest