Follow Us

Dirilis 26 Tahun Lalu, Ini Dia 10 Fakta Menarik Lagu Nirvana, Smells Like Teen Spirit

Alvin Bahar - Senin, 11 September 2017 | 03:21
Nirvana
Alvin Bahar

Nirvana

10 September, 26 tahun lalu, Smells Like Teen Spirit resmi dirilis jadi single sama Nirvana. Sampai sekarang, lagu ini masih sering diputar. Bahkan generasi kayak kita aja masih kenal sama lagunya kan? Hehehe.

Anyway, ini dia 10 fakta soal Smells Like Teen Spirit buat merayakan 26 tahun lagu tersebut dirilis. Check it out!

1. Kurt Cobain bilang kali lagu ini sebenernya adalah sebuah rip off atau gabungan/bajakan dari beberapa lagu termasuk lagu ikonik milik Boston, “More Than A Feeling”.

2. Video klip lagu Smells Like Teen Spirit terinspirasi dari film Over The Edge (1979) dan film dari band punk legendaris, Ramones. Rock ‘n Roll High School (1979).

3. Lagu ini ternyata baru lahir beberapa minggu sebelum Nirvana melakukan sesi rekaman album Nevermind di tahun 1991.

4. Di tahun 1994, Kurt Cobain bilang kalo lagu ini ternyata terinspirasi dari musik ala The Pixies. “Aku mencoba menulis lagu pop yang keren. Sebetulnya aku mencoba buat nge-rip off The Pixies. Kami mengakui kalo kami memakai dinamika mereka, pelan dan sepi kemudian kencang dan keras,” jelas Cobain.

5. Judul lagunya yang sedikit unik ternyata terinspirasi dari tulisan cat semprot di tembok yang ditulis oleh vokalis band Bikini Kill, Kathleen Hanna, berbunyi “Kurt Smells Like Teen Spirit”.

Nirvana
6. Kurt Cobain mikir kalo slogan ini adalah pesan yang revolusioner. Padahal, menurut Hanna, Teen Spirit hanyalah merk deodoran yang digunakan oleh pacar Cobain ketika itu, Tobi Vail. Cobain nggak mengetahui fakta ini hingga lagunya dirilis.

7. Ketika Kurt Cobain pertama kali menunjukkan lagu ini kepada dua rekannya di Nirvana, sang bassis, Krist Novoselic bilang kalo lagu ini ‘nggak masuk akal’. Untungnya Dave Grohl ngebantu Kurt buat mengubah lagu ini jadi lebih baik. “Tunggu sebentar, kenapa kita nggak lambatkan (lagu) ini sejenak. So. Aku mulai bermain bagian verse, lalu Dave bermain beat drumnya,” kata Kurt Cobain.

8. Lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ adalah satu-satunya lagu di album Nevermind di mana ketiga personel band tersebut tertulis jadi co-writer di kreditnya.

9. Lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ ini akhirnya direkam dengan produser Butch Vig dari band Garage, hanya dengan tiga kali take. Begitu juga dengan pembuatan video klipnya, yang juga hanya membutuhkan tiga kali take dalam prosesnya.

10. Label rekaman Nirvana, DDC, awalnya udah nyiapain lagu “Come As You Are’ sebagai hits andalan dari album Nevermind. Tapi karena lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ sukses besar, mereka jadiin lagu ini sebagai andalan, dan “Come As You Are’ jadi single kedua.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest