Follow Us

Ini Dia 3 Fakta Dibalik Aksi Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938

- Kamis, 07 September 2017 | 11:52
Terbaiks!
Hai Online

Terbaiks!

Semangat dalam mendukung perjungan Timnas sepak bola Indonesia telah mendarah daging turun dari kakek buyut kita, bahkan telah dimulai jauh sebelum nama Indonesia ada.

Catatan kisah sejarah perjalanan Timnas Indonesia di ajang piala dunia ini mungkin menarik untuk kita bahas di tongkrongan, nih. Hah? Indonesia di Piala Dunia? Nggak percaya Timnas sepak bola Indonesia pernah tampil di Piala Dunia?

Hmm…, mungkin banyak dari kita yang belum sadar, kalo Indonesia adalah negara Asia pertama yang lolos ke final Piala Dunia.

Namun catatan cemerlang tim sepak bola negara kita saat itu belum banyak tercatat dalam sejarah. Apa penyebabnya? Berikut ini 3 fakta dibalik aksi Indonesia di Piala Dunia 1938 yang HAI kutip dari BolaSport.

  1. Karena Belum Ada Nama Indonesia
Indonesia pernah berpartisipasi dalam Piala Dunia pada tahun 1938 di Prancis. Kala itu Indonesia belum merdeka sehingga tim sepak bola tersebut menggunakan nama tim nasional sepak bola Hindia Belanda atau nama internasionalnya Dutch East Indies.

Tim nasional sepak bola Hindia Belanda kalah melawan Hongaria di putaran pertama.

Legend!

  1. Lolos karena Jepang Mengundurkan Diri
Wakil Asia Pertama!
Grup kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 1938 terdiri dari dua negara, Hindia Belanda dan Jepang karena saat itu dunia sepakbola Asia memang hampir tidak ada.

Namun, Indonesia atau Hindia Belanda, nama resmi saat itu, akhirnya lolos ke final Piala Dunia 1938 tanpa harus menyepak bola setelah Jepang mundur dari babak kualifikasi karena sedang berperang dengan Cina.

3, Meski Kalah, Mendapat Pujian

Terbaiks!
Tim Hindia Belanda langsung berhadapan dengan tim kuat Hongaria di Stade Velodrome, Reims tanggal 5 Juni 1938, yang terus menjadi salah satu tim sepakbola terkuat dunia hingga tahun 1960-an.

Mampu berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia 1938 merupakan prestasi sepak bola membanggakan yang pernah diraih Indonesia, meskipun pada akhirnya harus kalah melawan Hongaria.

Source : BolaSport.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest