Follow Us

Ternyata, Ini Penyebab Mark Zuckerberg Nggak Bisa Diblokir di Facebook

- Senin, 04 September 2017 | 07:20
Mark Zuckerberg
Hai Online

Mark Zuckerberg

Apakah ada akun Facebook yang nggak bisa diblokir? Jawabannya, ya, ada. Akun Facebook siapa yang dimaksud nggak bisa diblokir?

Coba denger dulu ceritta berikut ini. Sebagai pendiri Facebook, nggak mengherankan bila aneka posting Mark Zuckerberg kerap viral dan menyebar luas di jejaring sosial tersebut.

Lalu, muncul pertanyaan, bisakah ia “dibungkam” supaya nggak muncul di News Feed pengguna Facebook? Ternyata nggak bisa. Hal tersebut mulai ramai dibicarakan awal tahun ini ketika sebagian pengguna menemukan bahwa akun sang CEO Facebook nggak bisa diblokir dengan tombol “block”.

Ketika menekan tombol itu, akan muncul pesan error yang memberitahukan bahwa laman Mark Zuckerberg nggak bisa diblokir.

Belakangan, selain Mark Zuckerberg, masalah nggak bisa diblokir turut menyebar ke akun Facebook milik sang istri, Priscilla Chan. Anjing milik keluarga Zuckerberg, Beast, juga memiliki akun Facebook, namun masih bisa diblokir.

Kenapa akun Facebook Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan nggak bisa diblokir? Rupanya, menurut pihak Facebook, keduanya sudah terlalu sering diblokir sehingga pemblokiran lebih lanjut bakal memunculkan pesan error.

“Error ini tidak spesifik ke salah satu pengguna saja, tapi bakal muncul ketika akun seseorang sudah diblokir melewati jumlah tertentu,” ujar seorang juru bicara Facebook beberapa waktu lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Sabtu (2/9).

Seorang mantan engineer Facebook menjelaskan bahwa error dimaksud merupakan efek samping dari programming mekanisme block di Facebook, bukan didesain secara khusus untuk melindungi orang tertentu supaya tidak diblokir.

Meski demikian, masalah yang sama tidak muncul ketika pengguna memblokir akun lain yang kiranya nggak disukai orang banyak, seperti Presiden AS Donald Trump.

Hmm…, beneran karena sistem atau jangan-jangan?

Artikel ini pertama kali ditayangkan di Kompas.com, dengan judul artikel Mengapa Mark Zuckerberg Tak Bisa Diblokir di Facebook?

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest