Follow Us

Berguru Pada Pendahulu, Cara Keren Universitas Indonesia Dekatkan Mahasiswa Baru dengan Senior Saat Ospek.

Rizki Ramadan - Kamis, 10 Agustus 2017 | 05:47
tugas Berguru pada Pendahulu
Rizki Ramadan

tugas Berguru pada Pendahulu

Ospek Kampus (semoga) sudah nggak lekat dengan senioritas lagi. Tiap kampus sekarang ini punya caranya masing-masing yang keren dan inspiratif dalam memperkenalkan lingkungan serta budaya kampusnya ke mahasiswa baru. Universitas Indonesia salah satunya.

Di Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) 2017 ini, mereka memberikan sederetan tugas kepada mahasiswa baru yang hasilnya berupa artikel siap publis ke media sosial.

Salah satu tugasnya bikin timeline LINE rame. Pada periode minggu pertama Agustus kemarin, teman-teman kita yang masuk UI, tiba-tiba bikin postingan panjang kayak Official Account. Nggak sedikit juga tuh Maba UI yang nggak kita kenal tapi masuk ke timeline kita karena di-like teman kita dan berujung viral. Postingan itu adlaah bagian dari tugas ospek yang diberi nama Berguru Pada Pendahulu.

Felix Anggit, mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Kriminologi pada 4 Agustus kemarin merilis hasil wawancaranya dengan senior dari fakultas yang sama namun beda jurusan, Hubungan Internasional.

Ramadhan S, seniornya itu, bagi Anggit adalah salah satu inspirator yang memicunya untuk giat belajar demi masuk kampus beralmamater kuning ini.

"Kak Rama ini selama wawancara memberikan saya banyak ilmu sehingga saya punya perspektif baru dalam memandang kampus, mahasiswa dan dinamika di dalamnya," tulis Anggit di posting yang udah di-like 63 orang itu.

Anggit mewawancara Rama tentang kesibukannya sekarang ini, caranya beradaptasi dengan suasana kuliah yang berbeda banget dengan situasi belajar saat SMA, serta tips untuk menjadi mahasiswa aktif.

"Jangan takut beroganisasi kalau di UI. UI punya banyak kegiatan yang bisa kamu ikuti untuk nambah relasi dan pengalaman," pesan Rama kepada Anggit.

Sementara Rima Cahya, mahasiswa baru jurusan Sosiologi, mewawancara Raritra Intanti dari fakultas Fisip Jurusan Hubungan Internasional angakatan 2016. Dari wawancaranya itu, Rima jadi tahu bahwa untuk menjadi mahasiswa yang aktif perlu skill manajemen waktu yang baik agar organization life dan academic life bisa berjalan seimmbang.

"Pesan dan tips untuk maba antara lain untuk tetap semangat menghadapi kegiatan permabaan, jangan takut bergabung organisasi, mencari relasi kepada senior, dan tidak pasif," tulis Rima.

Senior dan Junior sama-sama Untung

"Tugas materi Berguru pada Pendahulu baru ada di tahun ini. Sebelum tugas ini, para Maba harus mencari tahu mimpi mereka apa. Di tugas ini (berguru pada pendahulu) tujuannya, agar mereka dapat belajar untuk menggapai mimpi mereka dari orang yang sudah masuk UI lebih dulu dengan harapan banyak inspirasi yang tersebar. Semakin banyak anak UI yang bisa gapai mimpinya dan semangat bahwa anak UI tuh berjuang, lho," papar Wanda Melani Larasati koordinator OKK UI 2017

Dengan program ini, junior dan senior merasakan manfaat yang sama. Junior bisa berkenalan baik dengan senior, dan senior bisa berbagi inspirasi ke orang yang lebih banyak lagi.

Tugas Berguru pada Pendahulu ini hanyalah salah satu tugas dari rangkaian kegiatan OKK UI 2017. Tugas-tugas lainnya nggak kalah seru dan inspiratif. Salah satunya lagi adalah tugas membuat video yang mengampanyekan etika serta tips pemanfaatkan media sosial. Video tersebut di-upload ke Youtube dengan tagar #WeKnowWhatWeSpeak

Dilihat dari luar, sih, tugas ini keren dan inspiring banget. HAI yakin, sih, para mahasiswa barunya juga enjoy dan nggak keberatan mengerjakannya. Amiiin.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular