Follow Us

Siap-Siap, 7 Agustus Bakal Ada Gerhana Bulan Parsial di Indonesia!

- Jumat, 04 Agustus 2017 | 05:30
Gerhana Bulan Parsial
Hai Online

Gerhana Bulan Parsial

Selain Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus nanti, rupanya ada satu lagi hari spesial buat kita di bulan Agustus. Di tanggal 7 Agustus nanti, kita bakal menyaksikan fenomena alam langka di langit Indonesia, yakni gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian.

Dilansir dari situs resmi BMKG, gerhana ini sendiri bisa diamati dari Indonesia pada tanggal 7 Agustus pada pukul 22.50 WIB dan puncaknya sendiri bakal terjadi pada pukul 01.20 tanggal 8 Agustus mendatang.

Oh ya, kabarnya, Indonesia jadi salah satu tempat terbaik untuk mengamati fenomena langka ini, guys. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa liat fenomena ini?

Gampang. Dilansir dari infoastronomy, peristiwa gerhana bulan parsial ini cukup aman kalau diliat dengan mata telanjang tanpa perlu alat bantu seperti binokuler atau teleskop. Ya, kita berdoa aja semoga di tanggal itu, langit lagi cerah-cerahnya, ya, guys.

Sekedar ngingetin aja, nih, gerhana bulan sendiri merupakan persitiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga nggak semuanya sampai ke bulan.

Nah, selain Indonesia, gerhana bulan sebagian ini juga bisa dinikmati di sebagian besar Afrika, Eropa, seluruh Asia, Australia, dan negara-negara di Oseania.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest