Follow Us

Selain Rooney, 3 Pesepakbola Ini Juga Pulang Kampung di Masa Senja Karier

Alvin Bahar - Kamis, 13 Juli 2017 | 03:42
Wayne Rooney
Alvin Bahar

Wayne Rooney

Memasuki usia 30 tahunan ke atas, para pesepakbola harus bersiap menghadapi masa senja kariernya. Mereka akan mencari cara agar tetap bisa merumput, walaupun kondisi fisik dan kualitas permainan sudah kian menurun.

Demi mengatasi permasalahan macam ini, 'pulang kampung' alias kembali ke klub pertama, sekiranya bisa jadi pilihan terbaik yang diambil nih. Seperti halnya yang dilakukan oleh pemain berkebangsaan Inggris, Wayne Rooney.

Yups, Rooney yang kini berusia 31 tahun, terlihat sedang mengalami masa senja kariernya. Hal itu terbukti saat musim 2016/2017 lalu, ia jarang mendapatkan tempat di skuat utama Manchester United.

Nah, lantaran hasrat bermainnya masih sangat tinggi, Rooney memilih untuk kembali bergabung dengan klub pertamanya, yakni Everton. Awal karier Rooney sendiri, dahulu memang dimulai dari klub yang bermarkas di Goodison Park tersebut, sebelum akhirnya diboyong United ke Old Trafford pada 2004 silam.

Namun, Rooney jelas nggak sendirian, sebab sebelumnya sudah ada beberapa pesepakbola lain yang juga pernah melakukan aksi 'pulang kampung' di masa senja kariernya.

Penasaran kan, siapa aja sih pesepakbola selain Rooney yang dimaksudkan tadi? Yuk, simak ulasannya.

1. Giovanni Van Bronckhorst

Van Bronckhorst pasti nggak akan lupa dari mana karier sepak bolanya berasal. Ya, pada 2007 silam, tepatnya saat Van Bronckhorst menginjak usia 32 tahun, ia akhirnya memutuskan untuk pulang kampung ke klub pertamanya, Feyenoord, setelah sempat mengembara bersama Glasgow Rangers, Arsenal, dan Barcelona.

Hebatnya lagi, Van Bronckhorst menjalani momen pulang kampungnya itu hingga ia pensiun dari dunia sepak bola pada 2010 lalu. Wah, kacang nggak lupa kulit ya si Van Bronckhorst ini!

2. Diego Milito

Pada 2014 lalu, setelah cukup lama merantau bersama klub-klub Eropa, seperti Genoa, Real Zaragoza, dan Inter Milan, Diego Milito yang kala itu berusia 35 tahun, akhirnya 'pulang kampung' ke klub pertamanya di Argentina, yakni Racing Club. Milito pun menghabiskan masa senja kariernya bersama Racing Club tersebut hingga ia gantung sepatu dua musim setelahnya.

3. Daniel Agger

Fans Liverpool pasti tau betul sosok pemain yang satu ini. Ya, Daniel Agger, merupakan bek tangguh yang pernah mengawal lini belakang The Reds sejak 2006 sampai 2014 silam.

Setelah kebersamaannya dengan Liverpool berakhir, Agger pun memutuskan untuk 'pulang kampung' ke klub pertamanya di Denmark sana, Brondby IF. Agger kemudian menghabiskan masa senjanya di Brondby, hingga ia pensiun pada 2016 lalu. (Tomy)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest