Follow Us

Waspadalah, Ketergantungan Sama Gadget Terbukti Bikin Kecerdasan Kita Turun

Rizki Ramadan - Selasa, 04 Juli 2017 | 03:27
Paling Ngundang Bahaya, Ini 5 Kebiasaan Terburuk Para Pengguna Smartphone
Rizki Ramadan

Paling Ngundang Bahaya, Ini 5 Kebiasaan Terburuk Para Pengguna Smartphone

Gadget tuh emang perpanjangan dari tubuh kita yah. Dan makin hari kayaknya gadget semakin nempel sama kita. Jauh sedikit dari gadget, kita akan gelisah.

Ternyata, ketergantungan kita sama gadget dan kebiasaan kita nggak bisa jauh darinya tuh biesa memengaruhi kemampuan kita berpikir, loh.

Penelitian dari University of Texas di Austin yang membuktikannya. Menyimpang gadget terlalu dekat dengan kita bisa berdampak buruk, lho. Walaupun gadget itu dalam keadaan mati.

Kok bisa? Para peneliti dari kampus tadi melakukan riset ke 800 orang. Mereka diminta untuk mengerjakan tes sederhana seperti mengingat nomor telepon dan dikasih pertanyaan simpel kayak “Hal-hal berikut ini, manakah yang bukan termasuk milik orang lain” . Tes tersebut dilakukan dalam dua kondisi, pertama saat gadget mereka terletak nggak jauh dari mereka berada. Kedua, saat gadget mereka ditaruh di ruangan lain.

Hasilnya, peserta yang telponnya ada di ruangan lain mendapat skor yang lebih baik dari pada peserta yang ada gadget di dekatnya.

Ya, ini membuktikan bahwa mengabaikan gadget bisa membuat otak kita berpikir lebih cepat. Walau peserta ngaku nggak memikirkan gadget mereka, tapi otak mereka bekerja lebih keras utuk menahan godaan untuk nggak ngecek notifikasi atau kepoin media social.

Walau begitu, gadget tetap nggak bisa dianggap sebagai masalah, lho, bro. ada banyak kebaikan yang bisa kita hasilkan darinya, kan. Bijak-bijaklah menggunakannya.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest