Follow Us

Band Nggak Cuma Butuh Personel. 4 Posisi Ini Juga Mesti Ada Biar Band Lo Maju.

Rizki Ramadan - Kamis, 22 Juni 2017 | 09:43
Crew dan Manajer Band
Rizki Ramadan

Crew dan Manajer Band

Band bakal susah maju kalau cuma ngandelin personel doang. Band butuh tim yang mendukungnya saat tampil manggung, untuk mengatur latihan band, dan ngatur alat-alat yang lo bawa saat tur. Nah pertanyaannya, apa saja sih yang dibutuhkan oleh sebuah band, selain personel? David Ellefson pemain bass dari grup band metal legendaris Megadeth lewat bukunya Making Music Your Business bakal kasih tau kalian 4 orang pendukung dalam band kalian dan gimana tips-tipsnya. Anak band jangan lupa simak artikel ini baik-baik biar kalian bisa sukses di industri musik,

  1. Manajer Pribadi
Manajer artis yang cakap sangat penting bagi karier sebuah band. Ada banyak jenis manajer: manajer pribadi,manajer bisnis,manajer tur,manajer produksi,dan pribadi. Tapi pada umumnya band memiliki manajer pribadi yang punya tugas yang banyak bervariasi.

Manajer merupakan wakil utama dari artis atau band sehingga dia mengatur kegiatan sehari-hari artis yang ditanganinnya: tugas ini meliputi bekerja sama dengan pengacara,perusahaan rekaman,produser,pembuat merchandise,promotor, dan menyewa para personel tur.

Bersama pengacara, seorang manajer biasanya terlibat dalam negoisasi rekaman, penerbitan, pembuatan merchandise,dan kontrak-kontrak produksi.

Bersama promotor, ia akan mengatur pemesanan tempat, rute tur, dan mengkoordinasikan penjualan merchandise dalam konser-konser. Selain itu ia juga bertanggung jawab dalam mencari dukungan dari perusahaan rekaman, yang meliputi dukungan keuangan, pemasaran, iklan,dan promosi.

Kebayang nggak tuh gimana pentingnya peran dan kerja dari manajer di sebuah band. Maka dari itu lo dan band harus cermat dalam memilih seorang manajer, karena suksesnya karier band bakal sangat terbantu oleh seorang manajer.

  1. Pengacara
Eh siapa bilang pengacara cuma berurusan sama penjahat atau orang yang tersangkut hukum. Industri musik juga punya pengacara spesialis bisnis musik.

Pengacara merupakan pemain kunci dalam tim musik manapun, dan keberadaan ahli hukum di pihak kita dapat sangat menguntungkan. Tanpa itu, perundingan kontrak dan tuntutan hukum bisa dibilang mustahil.

Pengacara berguna banget nih buat membantu band lo di bidang hukum termasuk kontrak dengan label, perjanjian dengan promotor, pembagian royalti, kontrak dengan aparel pembuat merchandise. Jadi kerugian dalam bisnis ini bisa diminimalkan.

  1. Booking Agency
Mungkin istilah ini masih jarang didenger di negara kita, tapi musisi internasional udah biasa ngandelin Booking Agency ini. Tugas Booking Agency untuk dapetin tempat manggung, mengatur jadwal, dan mengarahkan perjalanan konser mereka. Usahakan di awal-awal untuk mencari agen lokal di daerah agar lebih mudah dalam pemasarannya.

Untuk bekerjasama dengan Booking Agency band lo harus nyiain promotional kit (perangkat promosi) yang langsung dikirimkan ke agen. Apasih isi perangkat ini? Biasanya isinya meliputi foto band berukuran 8 x 10 inci, biografi, kumpulan lagu, umumnya band pemula harus punya cover song terutama untuk bermain di pesta-pesta dansa,bar ataupun kelab.

Ingat dalam memilih booking agency lo harus pahami betul apa yang dia tawarkan agar nggak rugi dan tentu aja ketersedian jadwal manggung yang reguler agar reputasi band terbangun.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest