Follow Us

Sebelum Rumor Vans Indonesia Tutup, Indonesia Juga Pernah Bermasalah Dengan Vans. Bahkan Sampai ke Pengadilan!

- Jumat, 02 Juni 2017 | 06:02
Dulu, mencari Vans harus ke luar negeri
Hai Online

Dulu, mencari Vans harus ke luar negeri

Jauh sebelum rumor Vans Indonesia tutup gara-gara distributornya pailit, Vans udah pernah ngehentiin distribusi produknya di sini.

Pas awal kemunculannya lewat para reseller di tahun 2000-an awal, Vans sempat mempermasalahkan soal hak cipta dan menghentikan jalur distribusinya ke Indonesia.

Fakta-fakta ini kami himpun juga Surya Adi Susianto (salah satu pendiri Penny yang menjual Vans original sejak tahun 2010), Max Praditya (pemilik Crooz, yang sekarang menjadi official partner dari PT Gagan Indonesia –distributor resmi Vans di Indonesia), dan Claude Hutasoit, skateboarder senior.

“Jadi ada orang yang bikin merek lain. Dia tuh ngejiplak Vans banget, sama dia tuh di-hak ciptain gitu ya. Akhirnya sama Vans luar ketahuan, mereka berhenti supply Vans ke sini, dan mereka bawa ke pengadilan. Pengadilan berapa tahun nggak beres-beres, sampai akhirnya beres, (Vans) diambil sama perusahaan baru di sini. Dan ya Vans yang kita lihat sekarang, ya udah Vans yang udah di mana-mana. It’s everywhere now,” beber Bang Claude dengan teramat rinci.

Baca Juga: Mengintip Pabrik Sepatu Vans KW di Tangerang. Inikah Penyebab Distributor Vans Indonesia Pailit?

Vans, Bukan cuma untuk skater.

Akhirnya, Vans hadir lagi di Indonesia tahun 2013 dengan membuka original store pertamanya di Kota Kasablanka.

Lisensinya dipegang oleh PT Gagan Indonesia. Namun, beberapa tahun sebelumnya, sekitar 2010 udah ada beberapa toko sepatu alternatif di Jakarta yang menjualnya.

Surya, anak band yang kerap menggunakan sepatu Vans saat manggung, pun nggak luput dari kesulitan yang mungkin dialami juga oleh banyaknya pemakai lain.

Dipadukan dengan niat untuk bikin bisnis, Surya dan beberapa orang teman kuliahnya pun menjadikan kondisi-sulitnya-memperoleh-Vans ini sebagai peluang usaha.

Yap! Sejak tahun 2010, Surya resmi membuat brand Penny yang awalnya dikenal dengan sneakers shop, dengan produk andalannya, the one and only, Vans.

Source :

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest