Follow Us

5 Manfaat Magang Untuk Lulusan SMA Yang Sedang Menunggu Kuliah

Dok Grid - Jumat, 05 April 2024 | 11:31
program magang HAI
Rizki Ramadan

program magang HAI

Selamat bagi kalian yang baru aja melewati masa putih abu-abu. Sebentar lagi kalian akan memasuki jenjang perkuliahan, bagi yang memang merencanakan.

Tapi, bro, kalian punya sekitar 3-4 bulan rentang waktu kosong antara kelulusan SMA sampai awal kuliah nanti. Daripada diisi dengan kegiatan nirfaedah, mending ngelamar buat magang deh. HAI bakalan ngasih tau hal-hal baik yang bisa kalian dapetin dari magang sebelum kuliah. Yuk mari.

1. Maknai liburan dengan menambah wawasan

Liburan bukan berarti lo harus libur juga dari menimba ilmu bro. Justru lo harusnya manfaatin waktu luang yang rasanya gaabis abis ini untuk dapetin hal-hal non-akademik yang nggak bisa lo dapetin di sekolah. Nggak ada salahnya untuk mengasah life skill sebagai bekal untuk masuk ke “dunia nyata” nanti. Eksplor minat dan bakat lo melalui program magang, sayang banget kalo libur panjang ini cuma dipake buat makan-internet-tidur aja.

2. Nambah Teman, Nambah Jaringan.

“Kalo temenan sama orang jangan pilih pilih,” inget kata kata yang pernah dikasih sama orangtua lo ini nggak? Semakin nambah usia, semakin tinggi jenjang pendidikan, sudah selayaknya kita nambah banyak temen dan relasi. Makin banyak kenalan makin banyak kesempatan.

Nah saat magang pasti akan banyak kenal orang orang, khususnya yang ahli di bidangnya, dari berbagai usia dan latar belakang. Siapa tau dari magang bisa ketemu calon temen di kampus nanti atau malah calon bos untuk pekerjaan selanjutnya.

3. CV berisi bukti skill kehidupan yang mumpuni

Mungkin ada yang dari SMA udah aktif di berbagai macam kegiatan demi CV/Resume yang lebih berisi. Buat yang CV-nya masih sepi ataupun bahkan belum punya CV, sekarang saatnya buat mulai mikirin loh. Karena biasanya di Indonesia magang itu identik dengan anak kuliahan, makanya kalau bisa magang sebelum kuliah akan jadi nilai plus sendiri di CV kalian.

4. Nambah Uang Jajan Karena Itu Yang Kamu Suka, Kan?

Siapa, sih, yang nggak mau dapet uang tambahan? Uang bukan segalanya memang, tapi (hampir) segalanya butuh uang, bro. Nah beberapa tempat magang biasanya ngasih uang transportasi untuk para intern. Memang jumlahnya nggak sebanyak kalo kalian kerja full time. Tapi mendingan sedikit daripada nggak sama sekali, kan?

5. Warnai hidup, Coz it’s Fun!

Sebagai pemuda harapan bangsa nih bro, daripada hari hari dihabisin dengan makan, tidur, internetan, nongkrong gajelas mending daftar magang supaya produktivitas meningkat. Waktu itu jalannya linear loh, walaupun sejarah bisa berulang tapi bukan berarti lo bisa memutarbalikkan waktu yang udah lewat.

Magang punya banyak banget manfaat yang bisa dirasakan secara langsung ataupun ga langsung. Remaja yang udah tau mau ngapain dengan hidup mereka itu keren banget loh. Jadi daripada gabut gajelas di rumah atau tongkrongan mending ningkatin nilai pribadi dengan ikutin magang. Goodluck!

Penulis: Fatiha Rahma

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest