Follow Us

Nggak Cuma Menyebabkan Efek Rumah kaca, Polusi Udara Juga Bikin Turunnya Kualitas Sperma!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 21 Mei 2017 | 05:43
kualitas sperma
Bayu Dwi Mardana Kusuma

kualitas sperma

Kualitas sperma adalah hal yang penting buat kesuburan cowok-cowok, bisa diliat dari cepat atau lambat pergerakan sprema, morfologi sperma, dan jumlah sprema minimal 15 juta per cc.

Dikutip dari Kompas.com, menurut Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Yassin Yanuar, ada macam-macam faktor yang bisa menurunkan kualitas sperma. Yaitu:

1. Gaya hidup

Buat kamu yang mau punya kualitas sperma bagus, mulai sekarang jauhin deh tuh yang namanya merokok, obat-obatan terlarang dan minuman beralkohol, karena didalam ketiganya menghasilkan zat radikal bebas dalam tubuh kita yang bisa ngerusak sel sperma.

2. Lingkungan

Ternyata polusi udara juga mempengaruhi kualitas sperma kita lho. Soalnya polusi udara pun mengandung radikal bebas dan juga buat kamu yang sering kena suhu panas terutama pada bagian intim juga dapat menurunkan kualitas sprema

3. Nutrisi Faktor lain yang bisa mempengaruhi kualitas sperma adalah nutrisi. Sperma membutuhkan mikronutrien atau zat gizi yang diperlukan dalam jumlah sedikit, seperti zinc, seng, vitamin C, dan vitamin E.

“Banyak makan buah dan sayur yang mengandung mikronutrien. Kurangi junk food, makanan yang banyak mengandung MSG, dan makanan yang diproses minyak,” imbuh Yassin.

Nah itu tuh tiga unsur yang bisa bikin kualitas sperma kamu menurun, kalo kualitas sperma kamu kurang baik otomatis kesuburan kamu juga dipertanyakan guys! Maka dari itu untuk menjaga “masa depan” tetap cerah, kamu harus memperhatikan tiga unsur diatas

Source : kompas.com

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest