Follow Us

Sabarlah Kalau Cuma Di-Read! Ini 10 Aturan Tak Tertulis Yang Perlu Diketahui Chatting

Rizki Ramadan - Selasa, 03 April 2018 | 13:02
Tipe-Tipe Penghuni Chat Group Di Kalangan Remaja
Rizki Ramadan

Tipe-Tipe Penghuni Chat Group Di Kalangan Remaja

HAI-online.com - Sekarang ini bukan nggak mungkin kita lebih sering berkomunikasi dengan orang lain diperantarai gadget ketimbang ngobrol langsung. Bahkan, kalau dikerucuti lagi, dengan gadget pun kita lebih sering ngobrol lewat chat messenger daripada telepon atau video call.

Nah, pola komunikasi yang diperantarai gadget ini beda banget sama komunikasi langsung. Kita nyiptain pola dan cara baru dalam chat. Celakanya, kadang, karena terlalu asik dengan format komunikasi digital, kita suka lupain etika dan gimana dampak cara kita ke si lawan bicara .

Karena itu, perlu disadari beberapa aturan tak tertulis dalam chatting dengan siapapun. Poin-poin ini HAI kumpulkan dari hasil wawancara kecil-kecilan ke sejumlah pemuda. Simak!

(BACA: Ketika Para Cowok Berbagi Tips Lancar Chat Dengan Si Gebetan Walau Gombal Sudah Nggak Mempan )

1. Kalau Ngajak Chat Kenalan Baru, Sapa Dengan Baik. Jangan SKSD

Jangan langsung nanya, “lagi ngapain nih malem-malem.”, atau langsung ngajak video call. Hmm. Biasakan untuk perkenalkan diri kamu dulu, asalnya dari mana, dan kasih tau dia kamu dapat kontak dia dari siapa. Baru deh ucapkan salam perkenalan dan lanjut ngobrol.

2. Harga Perbedaan Jadwal Tiap Orang. Jangan Baper Kalau di-latereply

Apalagi kalau kamu baru nge-chat 10 menit lalu. Perlu dicatat nih, nge-chat orang itu bisa kita lakukan kapan pun sesuka hati. Tinggal buka WA atau LINE, pilih kontak, dan kirim pesan deh. Kadang, kita nggak peduli itu jam berapa dan apa kegiatan yang lagi dilakukan lawan bicara kita itu dan mikir bahwa setiap orang pasti akan langsung bales chat kita. Hmm. Sadarlah, tiap orang punya jadwal keseharian yang beda-beda dan punya pola sendiri untuk mengecek hapenya.

3. Hanya Nge-Read Adalah Hak Segala Bangsa.

Ini emang menyebalkan sih, tapi mau nggak mau kita harus menghargai hak orang untuk nggak menanggapi chat kita yang bisa masuk kapan pun itu. Apalagi, sekarang kan bisa saja kita kedapetan banyak banget chat yang masuk tanpa kita minta. So, untuk bisa ngebales satu-satu dalam waktu cepat itu kadang nggak memungkinkan.

Kalau kamu emang butuh chat sama orang itu, maka coba chat lagi aja dengan cara lain. Bisa coba kirim email atau telpon juga kan.

4. Kalau Urgent Maka Telpon. Bukan Nge-Ping.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest