Follow Us

Permainan Petak Umpet Horor Ala Jepang, Hitori Kakurenbo, Bakal Dirilis Sebagai Film 'Petak Umpet Minako'

- Selasa, 09 Mei 2017 | 14:24
Petak umpet horor bareng boneka yang diisi roh jahat.
Hai Online

Petak umpet horor bareng boneka yang diisi roh jahat.

Permainan legendaris masa kecil ‘Petak Umpet’ memang seru jika dimainkan bersama teman-teman, apalagi di malam hari.

Tapi apa jadinya jika permainan ini juga melibatkan peserta dari alam ghaib alias hantu?

Itulah inti dari permainan Hitori Kakurenbo (dalam bahasa Inggris disebut hide and Seek alone), yang biasa dimainkan di Jepang dan Korea. Permainan yang aslinya berasal dari Jepang ini melibatkan roh atau jin yang diminta merasuki sebuah boneka, untuk kemudian diminta untuk main petak umpet bareng. Permainan ini hanya untuk dimainkan pada malam hari, dan banyak laporan kejadian yang menyebutkan beberapa insiden seperti luka ringan, berat sampai kematian dalam permainan ini di Jepang.

Bahkan di beberapa situs yang membahas permainan-permainan tradisional di Jepang, sudah mewanti-wanti pengunjungnya untuk nggak mempraktekan permainan ini di rumah mereka. Karena, banyak laporan korban insiden merupakan para remaja yang akhirnya menjadikan Hitori Kakunrenbo ini sebagai ajang uji nyali yang kebablasan.

Awalnya ditulis sebagai novel.
Mungkin hampir sama dengan permainan Jelangkung di Indonesia, di mana banyak dilarang oleh orangtua, tapi bikin penasaran anak muda.

Bedanya sama Jelangkung, boneka yang diajak main bisa berbentuk apa aja. Supaya nggak terlalu nyeremin, sangat disarankan untuk nggak memilih boneka berbentuk orang. Tapi sebaiknya hanya berkisar pada boneka hewan yang biasa disumpal kapuk atau kain perca. Lalu ada juga yang menyarankan untuk menaruh anjing penjaga di luar rumah ketika sedang bermain. Tujuannya untuk mengetahui kedatangan "makhluk halus" yang sering ditunjukkan oleh gonggongan anjing.

Lebih detail, petunjuk cara bermain Hitori Kakunrenbo juga sudah banyak ditulis di beberapa situs dengan detail. Mulai dari tata cara permainan (misalnya, harus dimainkan pada pukul 3 dinihari), Informasi mengenai alat dan bahan untuk mendukung pemainan (penggunaan pisau dan gunting sangat dihindari), sampai cara mengakhiri permainan supaya arwah atau jin nggak balik lagi pun dijelaskan detail seperti yang tertulis di situs ini

Kisah permainan petak umpet paling mengerikan tersebut akan hadir dalam sebuah film layar lebar nasional ber-genre horor terbaru berjudul ‘Petak Umpet Minako‘.

Film produksi Nimpuna Cinema & Rak Buku Production itu menceritakan soal sekelompok anak muda yang berkumpul untuk reuni SMA. Dalam reuni tersebut, salah seorang dari mereka mempunyai ide untuk bermain Hitori Kakurenbo sebuah permainan berbahaya asal Jepang yang bisa mengancam jika mereka.

Nimpuna Sinema telah menggelar rangkaian kegiatan promosi untuk memperkenalkan film 'Petak Umpet Minako' di beberapa kota besar seperti Bandung, Medan, Surabaya, Jogja dan Jakarta. Puncak kegiatan akan berlangsung pada 13 & 14 Mei 2017 di tengah-tengah acara 'Ennichisai', sebuah event komunitas Jepang terbesar di Indonesia yang dihadiri lebih dari 250.000 pengunjung setiap tahunnya.

Para pemain Petak Umpet Minako
Pada dua hari event tersebut, film 'Petak Umpet Minako' akan menghadirkan setting cerita berupa wahana rumah hantu (Obake) 'Minako Corner' sambil memutar teaser dan trailer film bagi para pengunjung Ennichisai. Presiden Direktur Ennichisai Emi Takeya menyatakan dirinya sangat senang dengan kehadiran setting 'Petak Umpet Minako' di Ennichisai 2017. "Kami yakin 'Petak Umpet Minako' akan memberi warna baru yang benar-benar unik dari event-event di tahun-tahun sebelumnya, karena ini adalah pertama kalinya wahana Obake 'Minako Corner' hadir di acara kami," ujarnya.

Film ini tidak hanya dibintangi Gandhi, sejumlah pemain seperti Miller Khan, Regina Rengganis, Nicky Tirta, Wendy Wilson, Hans Hosman, Natasha Gott, Ario Astungkoro, Herican dan Novinta eks JKT48. Gimana, berani nonton?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest