Follow Us

Tertawalah, Karena Tertawa Banyak Manfaatnya.

Rizki Ramadan - Selasa, 09 Mei 2017 | 06:29
Cewek dan cara tertawa
Rizki Ramadan

Cewek dan cara tertawa

Tahukah kamu bahwa 7 Mei 2017 kemarin diperingati Hari Tertawa Sedunia 2017? Ya, hari Minggu pertama di bulan Mei seluruh dunia merayakan kebahagiaan. Pertama kali dihelat pada 10 Januari 1998 di Mumbai India. Penggagasnya adalah Dr. Madan Kataria yang juga menggagas gerakan Yoga Tertawa. Dr Madan punya anggapan bahwa mimik wajah kita membawa efek terhadap emosi kita. Tertawa akan memicu kebaikan untuk diri. Di hari itu, sejumlah warga di berbagai negara akan tertawa bersama.

Tanpa harus dibuktikan oleh penelitian pun, sebenernya kita sudah merasakan betul bahwa tertawa itu bisa membuat kita bahagia dan melupakan segala lara yang ada. Setuju nggak?

Oke, kalau belum setuju mari kita simak pendapat para ahli. Lee Berk, ahli psikoneuroimunologi Universitas Loma Linda, Californaia, Amerika Serikat, dikutip Harian KOMPAS dari time.com, mengatakan bahwa tertawa bisa bikin kita jadi sehat dan jauh dari stres. "Tertawa akan mematikan hormon pemicu stres, seperti kortisol dan mengaktifkan hormon yang menimbulkan rasa senang, seperti dopamin hingga menimbulkan rasa senang," katanya.

Annisa Poedji Pratiwi, psikolog klinis di Charisma Consulting juga bilang bahwa ada kalanya kita mesti tertawa saja walau ada pemicunya. "Untuk tertawa, tak harus bahagia lebih dulu. Dengan memaksa tubuh tertawa lebih dulu, bahagia bisa dirasakan dan manfaat kesehatan lain dari tertawa bisa diraih," paparnya.

Mau tau, apa lagi manfaat tertawa untuk kesehatan tubuh dan mental kita? Ini dia:

  • Mengurangi Rasa Sakit. Penelitian dari Inggris membuktikan bahwa tertawa selama 15 menit bisa mengurangi rasa sakit sebanyak 10% dari sebelumnya karena endorfin dikeluarkan oleh otak.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Jumlah sel daya tahan tubuh akan diproduksi lebih saat kita tertawa.
  • Hubunganmu dengan si doi jadi lebih baik. Ya, cowok tuh lebih suka cewek yang suka tertawa. Dan faktanya, cewek tertawa lebih banyak 125% dari cowok. Masalah dalam hubungan pun cenderung lebih sedikit terjadi di pasangan yang suka tertawa.
  • Bikin bahagia orang lain. Karena, tertawa itu menular. Kalau ada yang tertawa, maka kita penasaran dan pengen ikut tertawa juga kan? Semakin sering kita tertawa bersama orang lain semakin kita diingat baik karena sudah menularkan energi positif.
  • Menjauhkan kita dari stres. Karena saat tertawa kita memproduksi endorphin yang membuat kita seperti “terbang”. Depresi pun bisa ditangkal dengan begitu.
  • Bikin tenang. Detak jantung meningkat, tekanan darah naik, dan bersamaan dengan itu rasa tenang, senang, dan bahagia muncul.
  • Membuat kita puas dengan diri kita. Tertaawa memicu perasaan bahagia dan bangga terhadap diri sendiri. Kita pun jadi lebih mudah mengatasi kesulitan dan bisa membantu orang lain.
Apapun yang terjadi pada hidupmu sampai sekarang ini, jangan lupa bahagia, sob!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular