Follow Us

Nggak Perlu Roti Doraemon, Ini Dia Trik Ngasah Daya Ingat Buat Bantu Kamu Belajar

Dimas Yulian - Sabtu, 09 Desember 2017 | 12:30
Ngerjain PR itu banyak untungnya juga kok. Asal jumlahnya nggak kebanyakan
Dimas Yulian

Ngerjain PR itu banyak untungnya juga kok. Asal jumlahnya nggak kebanyakan

HAI-online.com - Persiapan fisik dan mental jadi salah satu faktor yang berpengaruh besar dalam proses ujian. Selain persiapan fisik, metode belajar tiap-tiap orang pun bakalan berbeda-beda.

Buat kamu yang lebih suka pake metode hafalan, pasti pernah ngalamin kejadian udah belajar semaleman buat ujian, tapi begitu mau ngerjain pikiran jadi nge-blank? Semua hal yang udah kamu inget dan pelajari tau-tau jadi lupa gitu aja.

Kejadian kayak yang udah ditulis barusan bisa jadi karena teknik menghapal kamu yang salah. Menggarisbawahi bagian yang penting mungkin jadi salah satu teknik yang sering dipake. Beberapa orang ada yang berhasil pake teknik ini. Tapi ada juga yang ngerasa cara ini kurang efektif.

Buat kamu yang ngerasa kurang cocok dengan cara ini, kamu bisa pake beberapa trik ini biar kamu bisa ningkatin daya ingat kamu. Cara ini selain bisa diterapin saat mau uiian, juga bisa bermanfaat buat kehidupan sehari-hari lho. Seperti ditulis di situs Kompas.com berikut cara-cara yang bisa kamu pake buat ngasah daya ingat kamu:

Visualisasi

Dalam mengingat sesuatu, kita emang cenderung lebih mudah buat nangkep dari sisi visual. Terkadang otak nggak bisa bedain mana yang beneran dan imajinasi. Di sini celah kamu buat manfaatin teknik menghafal secara visual.

Kalo kamu ingin mengingat sesuatu, coba gunakan visualisasi tentang apa yang kamu inget. Karena penggambaran secara visual bisa mempermudah proses mengingat. Coba deh bayangkan secara visual informasi yang mau kamu inget. Kamu bakalan ngerasain bedanya.

Tidur Setelah Belajar

Memori baru terkadang emang rapuh dan jadi gampang terlupa. Setelah selesai belajar sesuatu, otak bakal mengingat secara detail. Tapi seiring waktu dengan banyaknya hal yang kamu lakuin, baca, atau pelajari, memori perlahan-lahan jadi menurun dan semakin nggak akurat.

Jadi biar ingatan nggak memudar, dan bisa melindungi memori baru. Buat ningkatin proses konsolidasi memori, hal sederhana yang bisa dipake adalah tidur! Nyenengin banget kan?

Penelitian yang dilakukan bilang kalo pelajar yang tidur setelah tiga jam mempelajari sebuah materi punya daya inget 16% lebih baik. Nah tidur bermanfaat karena bisa menghilangkan stimulus lingkungan yang mungkin mengganggu hal yang kita pelajari. Asal jangan tidur pas belajar di kelas aja ya

Membagi Informasi

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular