Follow Us

Asik, Kemdikbud Pastikan UNBK Susulan Untuk SMK akan Lebih Mudah

Rizki Ramadan - Jumat, 07 April 2017 | 09:30
Siswa peserta ujian nasional 2016 menunggu aba-aba dimulai ujian (foto Ilustrasi)
Rizki Ramadan

Siswa peserta ujian nasional 2016 menunggu aba-aba dimulai ujian (foto Ilustrasi)

Kabar baik untuk para siswa SMK yang kemarin jadi korban rusaknya sistem penyajian soal saat UNBK hari terakhir kemarin.

Kemendikbud bilang bahwa UNBK susulan 19 April nanti akan dibuat lebih sederhana soalnya.

“Soal untuk UNBK SMK susulan akan dibuat lebih sederhana dibandingkan sebelumnya, sehingga lebih mudah diakses dan diunduh,” kata Nizam, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemedikbud, Nizam kepada Kompas.com, Jumat (07/04).

Sebelumnya, Nizam memang mengonfirmasi bahwa di sejumlah SMK ada kerusakan sistem sehingga soal yang keluar saat ujian nggak lengkap. Tercatat ada 169 jurusan sekolah kejuruan dengan dua macam kurikulum (2006 dan 2013), sehingga totalnya ada 338 macam ujian.

“"Beberapa di antara mata pelajaran itu soalnya lebih kompleks, pakai animasi, video, dan sebagainya. Nah ada sekolah-sekolah yang perangkat lunak dan kerasnya tidak dapat menjalankan soal-soal semacam itu," kata Nizam.

Selain itu, Nizam memastikan lagi bahwa kerusakan sistem seperti ini nggak akan terjadi lagi, terutama di UNBK SMA yang akan dimulai 10 April mendatang.

“Soal untuk tingkat SMA lebih umum dan tidak ada video animasi. Sehingga diharapkan tidak mengalami masalah seperti itu lagi," kata Guru Besar di Universitas Gadjah Mada itu.

Wah, oke, Pak. Doain juga yah temen-temen kita dapet lulus dengan nilai terbaik.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest