Follow Us

Kenalin Nih, KARTIN1. Kartu Identitas Yang Bisa Jadi e-KTP, BPJS sampai SIM

Rizki Ramadan - Rabu, 05 April 2017 | 11:15
Penampakan Kartin1, satu kartu yang bisa menjadi NPWP, e-KTP, Kartu BPJS, SIM dan sebagainya.(KOMPAS.com/YOGA SUKMANA)
Rizki Ramadan

Penampakan Kartin1, satu kartu yang bisa menjadi NPWP, e-KTP, Kartu BPJS, SIM dan sebagainya.(KOMPAS.com/YOGA SUKMANA)

Kamu yang udah 17 tahun, pasti mulai ngerasain yang namanya dompet makin tebel. Eits, bukan karena tebal duit, melainkan karena menumpuknya kartu identitas yang mesti kita bawa kemana-mana. Dari mulai KTP, SIM A dan B, hingga kartu BPJS.

Nah, kabar baiknya, nantinya kita bakal punya kartu identitas all in one atau kartu multi identitas. Namanya Kartin1. Ini adalah inovasi dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak yang pertama kali rilis pada 31 Maret lalu.

Niat utamanya Kartin1 ini adalah untuk kartu BPJS Ketenagakerjaan. Sebab kartu tersebut memang kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Selain Kartu Kartin1 BPJS Ketenagakerjaan, Ditjen Pajak juga kasih liat NPWP Kartin1. Warnanya krem.

WAlau yang terdaftar baru dua. Tapi nantinya kartu identitas lainnya pun akan menyusul menggunakan inovasi ini. Kartu Kartin1 ini dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi yang nanti akan tergabung ke program ini.

Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Ditjen Pajak Iwan Djuniardi bilang k alau udah tergabung, dipastikan NPWP, Kartu BPJS, KTP, bahkan SIM sekalipun bisa dibuatkan versi Kartin1-nya.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular