Follow Us

Pengen Bikin Bisnis Sesukses Sate Taichan-nya Niko Al-Hakim? Ini Bocoran Tips Ampuhnya, Bro!

- Sabtu, 08 April 2017 | 07:00
Pengen Bikin Bisnis Sesukses Sate Taichan-nya Niko Al-Hakim? Ini Bocoran Tips Ampuhnya, Bro!
Hai Online

Pengen Bikin Bisnis Sesukses Sate Taichan-nya Niko Al-Hakim? Ini Bocoran Tips Ampuhnya, Bro!

Bikin bisnis doang mah gampang. Tapi gimana caranya buat bikin si bisnis sustain dan sukses, itu yang susah. Kalo nggak dimodalin strategi berbisnis yang kece dan ampuh, bisa-bisa kita malah terseok-seok ngejalanin bisnisnya. Bukannya untung, eh, malah buntung. Kalo udah gitu, kacau deh dunia persilatan!

Nah, ngomongin bisnis, mungkin sosok Niko Al-Hakim, si empunya Sate Taichan “Goreng” boleh kita jadiin contoh. Di usianya yang masih 23 tahun, cowok yang udah nikah sama Rachel Vennya ini terbilang sukses buat ngelola sebuah bisnis kuliner Sate Taichan. Bahkan, berkat bisnisnya tersebut, Niko yang lebih akrab disapa Okin ini bisa ngebeliin Rachel –yang waktu itu masih jadi tunangannya, sebuah mobil mewah: Range Rover.

Beuh, iri berat nggak lo? Tenang, tenang dulu guys.

Jadi gini, saat dijumpai beberapa saat lalu di kawasan Karet Tengsin, Sudirman, Okin sempet nyeritan banyak hal tentang perjalanan bisnisnya ke HAI. Nggak tanggung-tanggung, cowok yang masih berkuliah di London School of Public Relations ini juga ngasih bocoran tips sukses berbisnisnya ke HAI, dan tentunya buat kalian semua juga. Terlebih, buat kita-kita yang modal bisnisnya masih “mepet” dan ngepas banget.

Dari bocoran tersebut, kalo yang HAI tangkep, sih, Okin bilang, bisnis kita itu branding-nya harus oke dan “megang”. Dalam artian, jangan sampe orang-orang itu nggak kenal sama brand yang kita bangun dengan susah payah, tapi cuma kenal produknya doang.

Lengkapnya, Okin ngomong gini, nih:

“Yang paling penting itu, ketika mulai usaha itu branding-nya udah bagus. Menurut aku, misalnya kita bikin sesuatu, produknya harus beda, gimana cara kita branding itu supaya orang tertarik. Kayak gini, zaman dulu udah ada (snack) mi remes. Tapi kemarin orang bikin (snack) kemasan bikini. Itu sebenernya hal yang sama, tapi dia bikin sesuatu yang lucu. Ketika kita udah bisa branding produk kita itu seperti apa, di situlah kita udah punya satu kelebihan tersendiri,” ungkap Okin yang waktu itu nyuri-nyuri waktu kosong buat HAI ajak ngobrol, sebelum dia masuk kelas lagi buat kuliah.

Ya, itu baru soal branding. Kalo soal butuh atau nggaknya restoran buat jualan, Okin masih punya satu tips pamungkas lagi, nih.

“Sekarang banyak banget orang jualan makanan, tapi dia nggak punya restoran. Dia jualan online, tapi dia punya branding yang bagus, kemasan yang bagus. Orang yang liat sesuatu yang bagus, mereka pasti foto, terus posting. Dari situlah dia kasih tau orang lain. Branding-nya kalo nyampe ke orang, orang-orang jadi banyak yang tau dan banyak yang ngebeli. Kita punya keterbatasan sewa tempat, tapi kalo branding-nya udah bagus dan sampe ke orang, ditambah produknya enak juga, nah bisa. Branding, kreativitas, dan produknya juga.” pungkas Okin sebelum akhirnya balik ke kampus buat kuliah lagi.

Well, ini baru sebagian kecil tips dari Okin yang bisa kita kebet. Cerita soal perjalanan bisnisnya yang nggak kalah menginspirasi, bisa kita dapetin di majalah HAI edisi April 2017.

Pasti nggak rugi deh kalo lo kebet... Yuk!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest