Follow Us

Nggak Kayak Di Indonesia, 10 SPBU Ini Punya Desain Unik dan Stylish Lho!

Dimas Yulian - Rabu, 15 Maret 2017 | 05:30
Crochet Gas Station – New York
Dimas Yulian

Crochet Gas Station – New York

Dengan jumlah pengguna kendaraan bermotor yang begitu banyak, otomatis Indonesia juga memerlukan pasokan bahan bakar dengan jumlah yang sama. Maka nggak heran kalo di Indonesia akan sangat mudah menemui Stasiun Pusat Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di berbagai lokasi. Di Indonesia sendiri desain SPBU hampir semua memiliki bentuk yang sama. Ini dikarenakan hampir semua SPBU di Indonesia dikelola oleh salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina.

Tapi di berbagai negara yang lain, hal ini nggak berlaku. Karena dikelola oleh swasta, bentuknya pun jadi beragam. Beda dengan SPBU yang ada di Indonesia yang punya desain dan warna yang serupa dengan warna merah dan putih yang udah kayak jadi ciri khas. Di Jakarta sendiri memang ada beberapa SPBU yang dikelola oleh pihak swasta yang memiliki desain sedikit berbeda dari segi warna. Akan tetapi buat konsep dan bentuknya sendiri bisa dikatakan masih konvensional.

Berbeda dengan Indonesia, di berbagai belahan dunia terdapat SPBU yang memiliki desain dan konsep yang unik. Mulai dari bentuk pompa, hingga arsitektur bangunan yang nggak konvensional. Seperti dikutip dari Oddee.com, ini dia 10 SPBU dengan konsep paling keren dari berbagai penjuru dunia.

Vintage Orbit Gas Station – Sacramento

Vintage Orbit Gas Station – Sacramento
SPBU Vintage Orbit ini terletak di Sacramento, California. Sesuai dengan namanya, SPBU ini memiliki bentuk dan konsep yang unik. Bangunannya terlihat seperti kapal alien dengan bentuk runcing yang mengarah ketiga sisi.

Crochet Gas Station – New York

Crochet Gas Station – New York
SPBU yang berada di New York ini adalah instalasi seni yang dibuat oleh seniman bernama Jennifer Marsh. Dia ngedesain SPBU ini pada 5 Mei 2007 sebagai bagian dari World Reclamation Art Project.

Jack Colker Union 96 Gas Station – California

Jack Colker Union 96 Gas Station – California
SPBU Jack Colker Union 96 ini terletak di Crescent Drive, Beverly Hills, California.Struktur atap segitiga dengan hiasan lampu-lampu panjang membuatnya terlihat mewah dan elegan.

Tower Conoco Gas Station – Texas

Tower Conoco Gas Station – Texas
SPBU ini berada di Texas, Amerika Serikat. SPBU ini udah dibangun sejak lama dan direstorasi kembali oleh pemerintah Kota Shamrock. Sayangnya, bangunan ini sekarang udah nggak difungsikan sebagai SPBU lagi. Saat ini, bangunan ini beralih fungsi menjadi Chamber of Commerce, Kota Shamrock.

Poshest Gas Station – Los Angeles

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest