Follow Us

Club Riset, Ekskul Penuh Eksperimen Dari SMP Darul Hikam

Alvin Bahar - Selasa, 07 Maret 2017 | 08:00
Club Riset
Alvin Bahar

Club Riset

Menurut kalian, kira-kira apa kegiatan di sekolah yang bisa memberikan ruang gerak yang bebas untuk mengeksplorasi segala kemampuan yang kalian miliki, bisa berbagi ilmu dengan teman, bertukar pendapat, belajar disiplin waktu dan hal positif lainnya?

Yoi, jawabannya pasti kegiatan ekstrakulikuler (ekskul). Mulai dari bidang seni, agama, budaya, ilmu pengetahuan sampai sains ada ekskulnya. Di SMP Darul Hikam Bandung, ada satu ekskul yang menawarkan keseruan dalam melakukan eksperimen terutama yang berhubungan dengan sains yaitu Club Riset. Di sini, siswa bisa mengasah kemampuan mereka di bidang sains.

Sains nggak melulu identik dengan yang rumit, membuat kening berkerut dan memusingkan kepala. Karena sains identik dengan hal-hal yang dekat dan ada di sekitar kita. Setiap akhir pekan, anggota Club Riset yang didirikan tahun 2014 ini melakukan beberapa percobaan di bidang sains.

Club Riset
Beberapa yang sudah pernah dibuat di antaranya; mendaur ulang sampah dari bahan styrofoam, membuat makanan kucing dari tulang ayam sisa makan siang siswa, membuat berbagai macam sabun tangan, meneliti kandungan formalin pada makanan, meneliti bahaya kandungan cairan dalam rokok elektrik dan lainnya. Kriteria percobaannya sederhana, kreatif dan bermanfaat.

Hasil percobaan Club Riset pernah dijadikan rekomendasi sekolah kepada pedagang di sekitar untuk nggak lagi menggunakan styrofoam untuk membungkus makanan. Beruntung pemerintah kota Bandung pun melarang semua pedagang makanan di kota Bandung menggunakan styrofoam untuk membungkus makanan per 1 November 2016.

Club Riset di SMP Darul Hikam jadi daya tarik tersendiri bagi sebagian siswa yang ingin belajar banyak mengenai sains itu sendiri. Dalam hal ini, siswa nggak hanya belajar tentang sains, mereka juga dituntut untuk berkreativitas dalam setiap karya yang mereka ciptakan. Yang ditekankan di club riset ini lebih kepada keahlian dan keilmiahan anak. Ada dampak positif bagi bergabung dengan club riset ini, semisal hal yang sederhana, anggota club riset jauh lebih percaya diri ketika mereka berada di dalam kelas. Selain itu juga, keberadaan club riset sangat berpengaruh ke akademik siswa.

Club Riset SMP Darul Hikam pernah meraih prestasi sebagai semifinalis Youth Science Competition pada tahun 2014 dan 2016, selain sering mengikuti berbagai kegiatan sains salah satunya memeriahkan Hari Bumi Sedunia Tingkat Jawa Barat tahun 2016.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest