Follow Us

Bulan Ini Beberapa Wilayah Indonesia Bakalan Ngalamin Hari Tanpa Bayangan Matahari! Catet Waktunya!

Dimas Yulian - Senin, 06 Maret 2017 | 04:00
Hari Tanpa Bayangan Matahari
Dimas Yulian

Hari Tanpa Bayangan Matahari

Bulan Maret ini ada fenomena unik dan cukup langka yang terjadi di Indonesia. Kalo beberapa waktu lalu, wilayah Indonesia pernah ngalamin fenomena gerhana matahari yang langka, kali ini sejumlah wilayah Indonesia bakalan ngalamin hari tanpa bayangan matahari! Fenomena ini terjadi bukan karena sedang mendung, tapi karena adanya gerak semu tahunan matahari.

Aktivitas gerak semu tahunan ini, matahari terkadang bakalan berada di tepat di atas kota tempat tinggal kita. Nah, saat matahari tepat berada di atas kota tempat tinggal kita inilah hari tanpa bayanagn matahari terjadi.

Meski peristiwa ini cukup langka dan unik, peristiwa ini nggak akan terjadi terus menerus sepanjang hari. Fenomena ini biasanya akan terjadi pada saat waktu mendekati, atau tepat di tengah hari.

Waktu terjadinya fenomena ini sendiri juga akan berbeda-beda di setiap wilayah. Buat yang tinggal di Jakarta misalnya, hari tanpa bayangan matahari ini udah terjadi pada Sabtu (4/3) kemarin, tepat pada jam 12.04 siang.

Sedangkan yang berada di wilayah lain di Indonesia, seperti Medan dan Pontianak. Fenomena ini baru akan terjadi masing-masing pada tanggal 29 Maret nanti pada jam 12.30 WIB, dan pada tanggal 20 Maret pada jam 11.50 WITA, seperti dikutip dari Kompas.com

Fenomena unik ini bakalan terjadi dua kali setahun pada setiap wilayah atau kota. Kalo kamu penasaran bakalan kaya gimana hari tanpa bayangan matahari, kamu bisa ngebuktiin sendiri di jam-jam tersebut. Meskipun hanya sebentar, tapi fenomena seperti ini jadi menyenangkan dan menarik buat kita ketahui kan?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest