Follow Us

Barang Bawaan Rombongan Raja Salman Ternyata Seberat 82 Gajah Dewasa! Bawa Apa Aja Ya?

Dimas Yulian - Kamis, 02 Maret 2017 | 11:00
Tangga motorized atau excavator yang khusus digunakan oleh Raja Salman
Dimas Yulian

Tangga motorized atau excavator yang khusus digunakan oleh Raja Salman

Kunjungan rombongan Raja Salman di Indonesia kali ini boleh dibilang sangat istimewa, Dalam kunjungannya kali ini, Raja Salman ngebawa rombongan yang jumlahnya mencapai 1.500 orang! Termasuk di antaranya 10 menteri dan 25 pangeran yang turut serta. Selain di Jakarta dan Bogor rombongan Raja Salman juga dijadwalkan akan berlibur di Bali hingga tanggal 9 Maret nanti.

Jumlah rombongan yang begitu besar tentunya juga ngebawa barang-barang yang nggak kalah banyaknya. Rombongan Raja Salman kali ini total membawa barang-berang seberat 497 ton yang dikirimkan secara bertahap. Jumlah yang luar biasa banyaknya ini ternyata setara dengan berat 82 gajah Sumatera alias Elephas Maximus Sumatranus.

Berat seekor gajah Sumatera dewasa sendiri diperkirakan bisa mencapai berat hingga enam ton. Sementara buat bayinya, hanya berkisar di angka 40-80 kilogram. Kembali ke berat barang bawaan yang dibawa rombongan Raja Salman, butuh setidaknya 82 gajah dewasa buat menyamai barang bawaan yang dibawa rombongan kerajaan ini.

Rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud disambut Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo
Barang-barang sebanyak itu, diangkut ke Indonesia melalui PT. Jasa Angkasa Semesta Tbk. Dari jumlah tersebut, sebanyak 63 ton diangkut melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Sedangkan 396 ton sisanya diangkut melalui Bandara Ngurah Rai, Denpasar.

“Kami telah mengangkut makanan dan minuman untuk Raja Arab, juga peralatan kerja. Selain itu, kita juga angkut furniture dan mesin X-Ray,” kata Presiden Direktur PT. Jasa Angkasa Semesta (JAS), Adji Gunawan, seperti dikutip dari Kompas.com.

Kendaraan milik Raja Salman yang diturunkan dari pesawat pengangkut di Bandara Halim Perdanakusuma.
Selain itu, JAS juga mengakut empat unit mobil Mercy Tipe S600 yang telah didatangkan masing-masing pada tanggal 23 Februari lalu di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta dan 18 Februari di Bandara Ngurah Rai, Denpasar.

Nggak hanya itu, Station Manger JAS Bandara Halim Perdanakusuma, Satriana, juga bilang kalo perusahaannya turut juga mengangkut dua tangga elektrik seperti eskalator khusus yang difungsikan sebagai tangga turun pesawat untuk Raja Salman. Pantesan berat!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest