Follow Us

Kenapa, Ya, Tangan Kita Berkeriput Ketika Mandi Terlalu Lama? Ini Jawabannya!

Fadli Adzani - Kamis, 23 Februari 2017 | 11:15
Kenapa, Ya, Tangan Kita Berkeriput Ketika Mandi Terlalu Lama? Ini Jawabannya!
Fadli Adzani

Kenapa, Ya, Tangan Kita Berkeriput Ketika Mandi Terlalu Lama? Ini Jawabannya!

Teman-teman pasti pernah merasakan keanehan ketika mandi atau berenang terlalu lama, lalu melihat jari-jari tangan dan kaki kita menjadi keriput. Kalian pasti berpikir, apa yang terjadi dengan jari-jari kita ini sehingga bisa keriput kalau mandi dan berenang terlalu lama?

Menurut situs Brightside, ketika jari-jari tangan dan kaki kita terlalu lama terendam oleh air, bagian terluar kulit yang bernama epidermis menarik air ke dalam kulit. Selain itu, bagian luar kulit sangat terikat dengan lapisan di bawah kulit, yang nggak bisa mengembang seperti kulit bagian luar jari-jari kita.

Maka dari itu, para peneliti percaya bahwa bagian luar kulit kita, kalau sudah terendam lama di dalam air, akan mengeriput sebagai kompensasi bahwa lapisan di bawah kulit itu tidak bisa mengembang.

Namun, pada tahun 1935, sekelompok ilmuwan yang sedang melakukan tes laboratorium terkait hal ini menemukan bahwa reaksi tersebut tidak akan terjadi ketika ada saraf yang rusak di jari tangan atau kaki. Mereka memiliki kesimpulan bahwa keriput itu hanya reaksi dari sistem saraf otonom tubuh.

Sebenarnya, dengan berkeriputnya jari-jari tangan kalian, hal itu menimbulkan sebuah evolusi fungsi dari tubuh manusia. Ketika jari-jari tangan kalian berkeriput, itu bisa membuat kalian lebih mudah dalam memegang benda-benda basah, sehingga tidak licin.

Sudah ada percobaan akan hal ini. Di tahun 2013, serangkaian tes dilakukan. Orang-orang disuruh merendamkan jari-jari tangan mereka ke dalam air dalam kurun waktu yang lama sehingga jari mereka akan berkeriput.

Sesudah itu, mereka ditantang untuk mengangkat dua tipe benda, yakni yang kering dan yang basah. Hasilnya? Mereka lebih cepat 12 persen di dalam mengangkat benda yang basah. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa dengan mengeriputnya kulit jari-jari kalian, itu menjadi fungsi yang berguna!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest