Follow Us

Wah, Edho Zell Dapet Saran Bikin Bisnis Dari Christian Sugiono Di CreativePreneur. Apa Tuh Sarannya?

- Kamis, 09 Februari 2017 | 09:30
Wah, Edho Zell Dapet Saran Bikin Bisnis Dari Christian Sugiono. Apa Tuh Sarannya?
Hai Online

Wah, Edho Zell Dapet Saran Bikin Bisnis Dari Christian Sugiono. Apa Tuh Sarannya?

Suasana di The Hall, Senayan City, Jakarta, Sabtu (4/2) lalu tampak riuh nan gaduh banget. Bukan lantaran ada konser indie atau peragaan busana bertajuk “fashion week”, tapi justru lantaran ada gelaran CreativePreneur Corner 2017 yang menghadirkan beberapa tokoh inspiratif yang udah punya “nama”. Seisi ruangan nyaris penuh, palingan cuma beberapa bangku yang kosong.

Nah, dari tiga sesi yang dirancang, di sesi kedua tiba-tiba ada sesuatu yang seru nggak disangka. Yap, dari sekian banyak peserta yang hadir, ternyata ada salah satu YouTubers ber-subscribers satu juta lebih yang turut menyimak jalannya acara. Dialah Edho Zell, yang kemudian juga ngajuin pertanyaan kepada 4 pembicara CreativePreneuer Corener 2017 sesi ke-2.

“Jadi pertanyaan saya, bagaimana cara kita mencari partner yang bisa mengisi kekurangan kita?” tanya cowok berkacamata yang sering ngomong ‘X-O-X-O’ di videonya ini kepada Christian Sugiono (Co-founder dan CEO MBDC Media, founder Setipe.com), John Riady (Direktur Lippo Group), Alfatih Timur (CEO Kitabisa.com), dan Belva Devara (Founder Ruang Guru –4 orang yang dihadirkan sebagai pembicara.

Sayangnya, karena keterbatasan waktu, cuma Christian Sugiono aja yang akhirnya dikasih kesempatan sama MC buat ngerespon pertanyaan dari Edho Zell.

“Ini mungkin yang memang selalu banyak banget yang nanya. Kalo saya berpikir, yang punya visi misi dan passion yang jelas. Siapa yang bisa mengisi kekurangan kita. Pas di awal, itu enaknya, sih, tiga orang. Kita satu, terus ajak dua yang lain,” jabar suami dari seleb Titi Kamal ini.

Christian ngasih contoh, kalo kita mau bikin kue, seenggaknya kita emang punya tiga orang yang sama-sama ngejalanin. Satu orang yang ngurusin resep dan bikin kue itu enak, satu orang lagi yang jago di bidang sales alias penjualan, satu orang lagi yang jago ngatur manajemennya, apalagi ketika perusahaannya udah mulai akan berkembang pesat.

“Jadi ketika udah besar, dan banyak karyawan yang diurus, jadinya mereka bisa saling bagi tugas,” lanjut Christian Sugiono lagi.

Selain ngejawab pertanyaan dari Edho Zell, sebenernya sebelum itu pun Christian udah sempet ngasih saran buat kita-kita yang pengen “ngelanggengin” kekompakan tim waktu lagi bisnis bareng. Menurutnya, hal yang terpenting itu adalah komunikasi. Kalo kita nggak bisa mengkomunikasikan dengan baik apa yang kita mau ke tim, bisa-bisa malah jadi bumerang buat bisnis kita, tuh!

“Nomor satu itu, perbaiki komunikasi. Gimana kita bisa komunikasiin apa yang kita mau ke tim, supaya visinya sama, supaya kita berada di hal yang sama. Kalo komunikasinya susah, ke sananya bakalan susah, even timnya udah hebat. Jadi yang terpenting (dalam berbisnis) gimana leader menurunkan apa yang dia mau ke bawah, gimana cara komunikasinya,” beber seleb Indonesia ini panjang lebar.

Well, kalo kita pikir-pikir ulang, Edho Zell yang udah terkenal di YouTube aja masih kepikiran buat bikin bisnis. Christian Sugiono yang udah populer “nyeleb” juga berani banget ngerambah dunia bisnis.

Jadi, apa salahnya kalo kita yang masih muda-muda ini bikin bisnis juga?

Kalo sukses kan, kita-kita juga yang bakalan seneng, bro!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest