Follow Us

Rambut Kamu Rusak? Begini Cara Mudah Mendeteksinya

Dimas Yulian - Kamis, 27 Oktober 2016 | 09:00
3 Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda
Dimas Yulian

3 Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda

Kerusakan pada rambut nggak hanya terjadi di orang dewasa. Zaman sekarang banyak remaja yang juga sering mengalami kerusakan rambut. Mulai dari mudah kusut, susah diatur, kering, rontok hingga warnanya yang memudar. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan rambut. Mulai dari terpapar sinar matahari, kebersihan rambut yang kurang dijaga, hingga kurangnya asupan nutrisi.

Seperti penyakit yang punya masa inkubasi, rambut juga membutuhkan waktu cukup lama sampai pada tahap terlihat nggak sehat. Karena itu lah banyak yang nggak sadar kalo ternyata rambut mereka sedang mengalami kerusakan. Belom lagi karena produk gel atau pomade rambut yang belakangan ini banyak tersedia. Kamu bisa lebih nggak sadar lagi kalo rambut kamu sebenernya sedang dalam kondisi rusak.

Terus gimana dong cara mendeteksi awal terjadinya kerusakan rambut? Ternyata ada cara yang mudah dan simpel nih buat mendeteksi sesehat apa rambut kamu sekarang. Sebelum tanda keruskan muncul pada rambut, mendeteksi kesehatan rambut sedini mungkin bisa menjadi kunci buat mencegah kerusakan rambut yang lebih parah.

Caranya pun mudah, nggak perlu pergi ke salon dan menggunakan berbagai macam peralatan canggih. Kamu hanya cukup menyediakan gelas transparan yang kamu isi dengan air. Tidak perlu menggunakan wadah yang terlalu besar, kamu bisa menggunakan gelas dengan ukuran 200 ml yang tersedia di rumah kamu.

Setelah itu, ambil sehelai rambut dan masukkan dalam gelas tersebut. Kalo rambut kamu mengapung, itu tandanya rambut kamu masih dalam kondisi yang sehat. Akan tetapi kalo rambut kamu tenggelam, itu tandanya ada masalah pada rambut kamu. Saat rambut tenggelam, artinya air dapat menembus kutikula dengan mudah, karena kondisi kutikula yang rusak.

Kutikula yang rusak bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti penggunaan shampo yang salah, sering menggunakan hair dryer, hingga menyisir rambut saat masih basah. Kalo rambut dalam percobaan ini rambut kamu tenggelam, kamu mesti harus lebih memerhatikan lagi kesehatan rambut kamu.

Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi buat rambut, mengurangi penggunaan produk rambut secara berlebihan, hingga menggunakan vitamin rambut buat menjaga kesehatan rambut kamu.

Sekarang, coba deh cek seberapa sehat rambut kamu. Kalo udah keluar hasilnya lakukan yang sekiranya perlu. Dan jangan lupa buat tetep menjaga kebersihan rambut setelah beraktifitas ya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest