Follow Us

Apa Itu Tizen, Sistem Operasi Besutan Samsung yang Katanya Lebih Bagus Dari Android?

Alvin Bahar - Kamis, 20 Oktober 2016 | 04:30
Tizen
Alvin Bahar

Tizen

Samsung Z2, smartphone dengan sistem operasi Tizen yang dibangun oleh Samsung sendiri, akhirnya dirilis secara resmi di Indonesia, Rabu (19/10). Tizen itu apa sih? Apa benar doi lebih bagus dari Android?

Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) yang memakai inti program (kernel) Linux. Bukan hanya untuk ponsel pintar dan tablet saja, Tizen juga dirancang untuk perangkat multimedia dalam kendaraan, televisi dan sebagainya. Ia menjadi proyek besar organisasi Linux Foundation bersama perusahaan elektronik Samsung dan produsen prosesor Intel.

Samsung Z2 (Dok. Kompas.com)
Pada 30 April 2012, sistem operasi Tizen versi 1.0 meluncur dengan kode nama Larkspur. Kemudian pada 25 September 2012, Tizen versi 2,0 berstatus Alpha dirilis dengan kode nama Magnolia. Tizen 2.0 versi penuh dirilis pada Januari 2013.

Smartphone pertama Tizen yang dibuat oleh Samsung adalah seri Z1 yang dirilis pada Januari 2015 lalu. Penerusnya, Samsung Z2 debut di India pada Agustus 2016. Selain smartphone Samsung Z2, peranti Samsung lain yang telah menggunakan OS Tizen lebih dahulu adalah peranti jam tangan pintar Gear S, gelang pintar Gear Fit, headset Samsung Gear VR, dan lini Smart TV Samsung.

Terus, apa bedanya dengan Android ya?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest