Follow Us

Cewek Paling Populer Kedua di Amerika Ini Ternyata Nggak Pernah Ada, Kok Bisa Sih?

Alvin Bahar - Kamis, 20 Oktober 2016 | 04:00
Sosok Betty Crocker
Alvin Bahar

Sosok Betty Crocker

Namanya Betty Crocker. Cewek ini adalah ikon urusan dapur. Namanya juga bisa dengan mudah ditemukan di kotak bahan kue yang tersedia di supermarket-supermarket besar. Bahkan, si Betty Crocker ini dinobatkan sebagai cewek paling populer kedua di Amerika Serikat. Wajar, sosoknya yang keibuan diingat bagaikan nostalgia oleh banyak cewek Amerika sih.

Namun yang mungkin belum kamu ketahui, Betty Crocker ini ternyata nggak pernah ada. Betty hanyalah cerita fiksi yang dibuat oleh sekelompok tim marketing!

Dikutip dari PBS via Kompas.com, pada awalnya Betty Crocker diciptakan sebagai bagian dari promosi tepung Gold Medal untuk menjawab berbagai pertanyaan cewek mengenai memanggang di dapur, seperti “kenapa kueku nggak mengembang?” dan “berapa lama aku harus mengaduk telurku?”

Lalu, pembuatan persona Betty Crocker ternyata sama sekali nggak sulit. Nama belakangnya diambil dari seorang direktur yang baru saja pensiun, William G. Crocker, dan nama Betty dipilih karena terdengar ramah.

Washburn-Crosby Company juga mengadakan kompetisi tanda tangan untuk karyawan cewek dan tanda tangan yang menang ini digunakan untuk menutup surat balasan dan resep hinga sekarang.

Potret Betty Crocker 1936-1996.
Di tahun 1924, Betty mendapatkan suaranya dalam acara “Betty Crocker Cooking School of the Air” yang disiarkan di 13 radio. Menariknya, setiap radio memiliki suara Betty Crocker masing-masing dan mereka membaca script yang sama, ditulis di Home Service Departments Minneapolis.

Betty juga mendapat acara televisinya sendiri di tahun 1951. Aktris Adelaide Hawley dipilih menjadi yang pertama untuk memainkan Betty Crocker.

Wajahnya juga mulai muncul dalam iklan. Potret Betty adalah lukisan hasil campuran fitur wajah staf cewek di Washburn-Crosby.

Hingga sekarang, wajah Betty terus diperbaharui. Untuk ulang tahunnya yang ke-75 di tahun 1996, versi baru Betty adalah hasil campuran digital dari 75 cewek yang menurut General Mills, nama Washburn-Crosby yang baru, memiliki karakteristik Betty Crocker.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest