Follow Us

Nilai Bagus, Happy Terus! 3 Alasan Main Game Online Bakal Bikin Kamu Makin Cerdas

Alvin Bahar - Jumat, 14 Oktober 2016 | 03:30
Game Online (Foto: Unilad/Design: Eko)
Alvin Bahar

Game Online (Foto: Unilad/Design: Eko)

Di luar anggapan kebanyakan masyarakat bahwa bermain game akan memberikan pengaruh negatif bagi otak, sebuah penelitian membuktikan hal sebaliknya lho. Hasil riset terbaru menyebut ada pengaruh positif bagi otak para online gamers. Terutama gamers di usia sekolah yang katanya game online ini bakal bikin pelajar jadi lebih cerdas.

Mau tau apa aja manfaat main game online?

1 - Main game online bikin dapet nilai lebih tinggi

Penelitian di Australia menemukan terdapat 12,000 siswa sekolah yang menggunakan internet untuk bermain game online. Hasilnya, sebagian besar siswa tersebut mendapatkan nilai tertinggi dalam ujian mata pelajaran matematika, membaca, dan sains dibanding mereka yang nggak bermain game.

"Siswa yang bermain game online hampir setiap hari mampu mendapatkan nilai 15 poin diatas rata-rata pada pelajaran matematika, dan 17 poin di atas rata-rata untuk sains," ujar ahli ekonomi Alberto Posso dari RMIT University di Melbourne, dikutip dari National Geographic. "Ketika Anda bermain game online, akan mencoba memecahkan puzzle untuk terus bergerak ke level berikutnya. Untuk memecahkannya, secara umum Anda menggunakan pengetahuan dan kemampuan matematika, membaca, dan sains yang dipelajari sehari-hari di sekolah."

Data tersebut berasal dari penelitian yang dilakukan dari Program for International Student Assessment (PISA), yang menguji siswa-siswa di lebih dari 700 sekolah tahun 2012 untuk mengumpulkan informasi mengenai ketertarikan mereka dan aktivitas online.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest