Follow Us

Rebo Nyunda: Cara SMAN 7 Bogor Melestarikan Budaya Daerahnya

Rizki Ramadan - Selasa, 11 Oktober 2016 | 12:15
Rebo Nyunda: Cara SMAN 7 Bogor Melestarikan Budaya Daerahnya
Rizki Ramadan

Rebo Nyunda: Cara SMAN 7 Bogor Melestarikan Budaya Daerahnya

Rebo Nyunda atau Rabu Sunda adalah kegiatan mingguan yang bertujuan untuk melestarikan budaya Sunda sebagai salah satu budaya lokal yang berkembang di Jawa Barat. Dilihat dari namanya, kalian pasti tahu kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Rabu.

Di Bogor ada beberapa sekolah yang telah menerapkan program Rebo Nyunda, salah satunya adalah SMAN 7 Bogor. Penerapannya adalah dengan aturan berseragram khas sunda. Perempuan memakai baju kebaya dan laki-laki memakai baju kampret (baju pangsi) dan ikat kepala bercorak batik. Tentu, nggak cuma guru-gurunya yang ikut, tetapi juga siswa siswinya.

Tetap Kece

Pakai atribut yang ke sunda-sundaan nggak bikin kita terlihat ketinggalan jaman kok, justru bikin kita terlihat makin kece!

“Pakai baju pangsi jadi kelihatan kece, soalnya kan baju pangsi warnanya hitam dan menurut gua hitam itu warna cowok, jadi kalau cowok-cowok pakai baju pangsi kelihatan lebih beraura, apalagi sekarang baju pangsinya udah ada yang di modifikasi juga jadi lebih modern, jadi bikin kita-kita yang pakai baju pangsi juga keliatan lebih keren,” ujar Arifki, Siswa SMAN 7 Bogor. Wuidih. Terlihat lebih beraura tuh kayak gimana, bro? Jadi mirip Aura Kasih gitu? Hehe.

Arifki bahkan sampe punya inisiatif biar penampilannya makin kece dengan baju pangsinya. Menurutnya, cowok-cowok kudu bener-bener mamakai pakaian pangsinya dari atas sampai bawah.

“Biasanya masih ada cowok-cowok yang setelan baju pangsinya, tepatnya celananya, diganti dengan celana jeans. Menurut gue jelas itu menganggu banget.” Lanjut Arifki.

Manfaatnya Ngalir, Sob!

Ikut serta dalam Program Rebo Nyunda di sekolah juga ada manfaatnya loh, selain udah pasti kalian ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya Sunda, dengan kalian ikut program Rebo Nyunda kalian pasti dapat nilai plus dari guru-guru kalian, tapi ingat ya syarat dan ketentuannya berlaku. Hehe.

Selain itu kita juga membudayakan pakaian tradisional yang pastinya gak kalah keren dengan pakaian-pakaian jaman sekarang. Apalagi sekarang baju kebaya dan baju pangsi modelnya beragam dan sudah ada yang dimodifikasi, pastinya model-model baju kebaya dan baju pangsi pun lebih fresh dan cocok banget dipakai para pelajar.

Reporter: Sartika Nur Alifah - SMAN 7 Bogor

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest