Follow Us

Sering Kentut Tanda Gangguan Pencernaan?

Dimas Yulian - Sabtu, 08 Oktober 2016 | 08:30
Biar Kentut Nggak Bau
Dimas Yulian

Biar Kentut Nggak Bau

Kamu termasuk orang yang sering kentut? Asal nggak kentut di sembarang tempat sih, kentut sebenernya adalah bagian dari kondisi tuhuh yang sehat. Tapi gimana kalo kebiasaan kentut kamu berlangsung sangat sering? Jangan-jangan sering kentut tanda gangguan pencernaan?

Biar kamu nggak penasaran, kalo aroma dan frekuensi kentut kamu udah nggak kaya biasanya. Mungkin tubuh kamu sedang mengirimkan beberapa petunjuk tentang bagaimana fungsinya. Simak deh penjelasannya:

Makan Buru-buru

Kebiasaan ini ternyata juga bisa bikin kamu sering kentut lho. Kalo kamu makan cepat-cepat, sambil ngobrol, atau hobi ngunyah permen karet, kebiasaan ini bisa bikin kamu nelen banyak udara.

“Udara terdiri dari gas. Ketika kamu mengambil banyak gas, kamu akan menghasilkan lebih banyak gas pula. Gas harus keluar entah bagimana caranya. Biasanya hal tersebut ditandai dengan bersendawa,” kata Ribka Gross. Dokter spesialis pencernaan, seperti ditulis Kompas.com.

Konsumsi Produk Susu

Kamu sering ngerasa perut nggak nyaman tiap mengonsumsi susu, keju, atau produk susu lainnya? Itu cukup buat nggambarin gimana kondisi sistem pencernaan kamu.

Seiring bertambahnya usia, organ pencernaan kamu akan lebih sensitif sama asupan dari produk susu. Ini disebabin karena jumlah enzim laktat yang digunain buat mencerna susu udah mulai berkurang.

Hormon Berubah

Kalo kamu lagi ngalamin kondisi dimana hormon nggak berfungsi, tubuh akan ngasih tau dengan cara jumlah gas yang keluar. Kalo udah gitu buat nyeimbangin lagi, kamu bisa berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik.

Sensitif Sama Gas

Buat sebagian orang, ada kasus dimana tubuh sangat sensitive sama jumlah normal gas yang mereka hasilin. Walaupun jkamu mungkin nggak selalu memproduksi gas berlebih.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest