Follow Us

Kamu Bisa Baca Novel Sambil Belajar Menulis dengan Aplikasi Ini!

Alvin Bahar - Jumat, 07 Oktober 2016 | 06:30
Cipika Bookmate
Alvin Bahar

Cipika Bookmate

Guys, siapa yang di sini yang suka banget baca novel? Hayo, angkat tangan kalian! Kini, baca novel makin mudah karena ada aplikasinya.

Bagi banyak orang, terutama anak muda, tentu saja membaca novel merupakan hal yang mengasyikkan. Selain dapat mengisi waktu kosong dan menghilangkan kebosanan, dengan membaca buku kalian bakal mendapatkan informasi terbaru, guys.

Tapi, tentu saja aktivitas temen-temen yang padat bisa mengurangi waktu kalian untuk membeli novel langsung di toko. Iya nggak sih?

Nah, nggak usah sedih dan khawatir, bro, pasalnya, terdapat aplikasi perpustakaan digital yang dapat kamu unduh melalui App Store dan Google Play lho, guys!

Yap, Cipika Bookmate, sebuah aplikasi buku digital yang diluncurkan pada tahun lalu di Indonesia dengan memiliki konsep berlangganan layaknya perpustakaan aja, bro!

Aplikasi yang dibuat oleh Indosat Ooredo dan platform digital book store yang berasal dari Rusia, Bookmate ini dibuat untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Indonesia yang masih sangat rendah, geng, sedih ya dengernya.

"Saya sangat sedih bahwa masih jarang ada aplikasi yang bisa membuat minat baca anak muda meningkat, dengan adanya smartphone malah membuat mereka malas membaca," ujar Carlos Karo Karo, selaku head division e-commerce Indosat Ooredoo ketika ditemui di bilangan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, pada Jumat (7/10).

"The only book that we read is Facebook," paparnya menyayangkan.

Menurutnya, minat membaca di Indonesia hanya mencapai 0,01 persen, seperti yang dilaporkan oleh badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) UNESCO.

Nah, melihat fenomena yang sangat menyayat hati itu, Carlos tentu saja merasa bertanggungjawab untuk mencari platform yang bisa meningkatkan hobi membaca di kalangan anak-anak muda.

"Anak-anak jaman sekarang itu generasi 140 karakter, hanya baca artikel dan berita. Mari kita tingkatkan minat membaca buku melalui platform digital karena penetrasi smartphone di sini sangat amat tinggi," jelasnya.

Sebenarnya, platform buku digital di Indonesia bukanlah hal baru, sebut saja aplikasi seperti Scoop dan BUQU. Tapi, menurut Carlos, Cipika Bookmate memiliki fitur-fitur berbeda yang bisa sangat menarik anak-anak muda untuk membaca dan bahkan menulis!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest