Follow Us

4 Fakta di Balik Internet Indonesia yang Kena Gangguan! Pada Ngerasain Nggak?

Alvin Bahar - Jumat, 23 September 2016 | 07:30
Internet
Alvin Bahar

Internet

Kamis (22/9) malam ngerasain ada gangguan di internet kamu nggak? Kalo iya, nggak usah kaget. Internet Indonesia memang kena gangguan tuh pas waktu-waktu itu. Banyak yang ngaku lambat saat membuka situs atau mengakses media sosial, baik dari smartphone maupun komputer.

Nggak sedikit juga lho yang melaporkan akses internetnya mati total. Meski demikian, durasinya nggak terlalu lama dan koneksi internet kembali normal.

Gangguan akses internet dirasakan para pengguna dari berbagai perusahaan penyedia layanan. Nggak didominasi oleh pengguna dari satu operator seluler atau internet service provider (ISP) tertentu aja. Anyway, apa sih yang sebenarnya terjadi pada jaringan internet tanah air pada malam Jumat itu?

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone

1. Miskonfigurasi

"Ada masalah yang disebabkan miskonfigurasi di salah satu (ISP) yang tersambung ke OpenIXP," ujar Administrator OpenIXP, Johar Alam Rangkuti saat dihubungi KompasTekno, Kamis.

Masalah sebenarnya terjadi di salah satu ISP yang terhubung dengan OpenIXP. Namun, imbasnya ke seluruh ISP dan operator telekomunikasi yang terhubung dengan hub internet tersebut! Makanya banyak yang kena.

FYI, OpenIXP menaungi sebagian besar ISP dan penyedia layanan internet lain yang beroperasi di Indonesia. Trafik internet Indonesia pun sebanyak kurang lebih 95 persen berkutat di OpenIXP.

Pernyataan dari Johar sekaligus membantah kabar yang beredar di media sosial bahwa gangguan akses internet pada Kamis malam terjadi karena "IIX terkena serangan DDoS (Distributed Denial of Service)".

"Nggak ada serangan DDoS," Johar menegaskan.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest