Follow Us

Ini Alasan Mengapa Cowok Puber Bisa Gendut

- Rabu, 21 September 2016 | 10:45
Kegemukan di usia muda
Hai Online

Kegemukan di usia muda

Pernah kepikiran nggak sih, ketika kalian lagi berada di masa-masa puber, perut kalian terlihat lebih gendut dari sebelumnya?

Sebelum membahas fenomena itu lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui dulu, seperti apa sih masa pubertas itu, guys.

Jadi, pubertas itu adalah masa dimana anak remaja mengalami perubahan fisik yang signifikan. Nggak cuma itu, psikis dan pematangan fungsi seksualnya pun mengalami perubahan. Baca: Udah Gede Masih Gampang Horny

Masa-masa ini biasanya terjadi pada remaja berusia 10 tahun dan berakhir di usia 16 tahun. Hayo, siapa yang usianya masih 16 tahun di sini? Kalian gendut nggak? Hehehe.

Jadi gini, alasan kenapa remaja yang sedang puber cenderung gendut ialah kadar kalori yang diasup lebih banyak dibandingkan anak-anak kecil.

Menurut seorang ilmuwan bernama Profesor Terry Wilkin, seperti yang dikutip Kompas.com, anak-anak yang sedang mengalami masa puber cenderung membakar hingga 500 kalori lebih sedikit dibandingkan yang tidak puber.

"Saat memasuki usia puber, tubuh manusia sedang berevolusi dengan melakukan banyak perubahan," paparnya.

"Tubuh akan menjaga kalori agar memiliki cukup cadangan energi demi mendukung perubahan selama masa pubertas. Sehingga tubuh akan membakar kalori lebih sedikit," ia melanjutkan.

Masalahnya, anak-anak jaman sekarang ini, iya kayak kamu, makannya pasti lebih banyak, kan?

Selain itu, anak-anak remaja saat ini yang sedang puber juga jarang olahraga, malah membuat kegendutan mereka menjadi parah lagi. Makanya, olahraga dong, guys! Baca: Ngakak Bisa Bikin perut Kotak-Kotak

Tapi tenang aja, bro. Setelah umur kalian mencapai 17 tahun, jumlah pengeluaran kalori dari tubuh bakal kembali ke tingkat normal, dan bagi kalian yang punya masalah kegendutan akan memiliki kesempatan untuk mengecilkan badan lagi.

Tapi, Hai mau ingetin aja nih. Disaat masa-masa puber, ada baiknya kalian menjaga pola makanan dan terus rutin olahraga. Kalian nggak mau gendut, kan? Ayo, semangat olahraga! (Fadli Adzani)

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest