Follow Us

Ini Dia Kisah Perjuangan V1mast Mengharumkan Nama Indonesia di Eropa!

- Sabtu, 17 September 2016 | 08:00
v1mast
Hai Online

v1mast

Banyak kisah heroik dari para anak bangsa, para sudara satu tanah air kita membawa nama Indonesia untuk berkibar di nelahan dunia lain. Selain ada kabar membanggakan dari atlet Bulutangkis kita yang berhasil meraih medali emas dalam ajang Olimpiade Rio, Brasil, beberapa waktu lalu, ada juga kisah dari musisi kita yang juga berjuang dalam ajang festival musik dunia. Yap, mereka adalah V1mast.

Band yang diperkuat oleh Viza K. Mahasa (vokal/gitar/gamelan) dan beranggotakan Vais Randi (drum) ini kembali mewakili Indonesia dalam ajang World Music Festival 2016, di Praha, Republik Ceko. Sebelumnya, duo ini juga sempat membawa nama Indonesia berkibar di Dukat Fest 2016, di Bosnia Herzegovina, pada Juni lalu. Nggak sampai tiga bulan kemudian, tepatnya pada 22 Agustus 2016, mereka kembali terbang membawa misi untuk mengharumkan nama Indonesia dalam ajang World Music Festival yang berlangsung mulai tanggal 24-29 Agustus 2016.

Nah, selama perjalanan mereka di Eropa, banyak banget kejadian unik yang terjadi. Nggak cuma unik tapi juga bisa dibilang cukup mengharukan. Salah staunya adalah ketika mereka transit di London. Wah, ada, apa, tuh?

“Jadi ketika pesawat kami transit dulu di London, dan entah kenapa saat di bandara Vaclav Prague, gitar kami tertinggal di london, akhirnya oleh KBRI Praha diurus dengan pihak bandara karena sorenya kami akan tampil di Royal Theatre. Beberapa jam berikutnya orang bandara datang dengan gitar kami di depan gerbang KBRI Praha di Nad Budankami II (alamat KBRI),” kata Viza.

Meskipun sempat mendapat kendala, tpai penampilan mereka di ajang bergengsi itu tetap berjalan dengan baik. Bahkan, mereka juga mendapat perhatian khusus dari media nagri, lho!

“Alhamdulillah kami merasa ada koneksi yang baik sekali dengan audience,sejak lagu pertama. World Music Festival kali ini di selenggarakan di Astronomical Clock Prague, jadi ya penonton ramai dan antusias dengan V1mast yang kemarin sudah jadi juara di Dukat Fest 2016, karena sebagian dari mereka datang ke konser karena alasan trsebut. Ada juga yang baru kenal dan langsung suka sama apa yang kami bawakan. Beberapa kali juga ada media lokal dan media asal Spanyol yang interview kami. Bangga banget bawa musik indonesia jadi sedemikian rupa,” lanjut Viza, bercerita.

Namanya juga lagi di negeri orang, pasti ada aja kejadian unik yang terjadi. Salah satunya adalah perihal pandangan para bule di sana.

“Sesaat sebelum kita manggung banyak orang memandang sebelah mata karena mungkin tak kenal maka tak sayang. lalu pada saat selesai manggung, jadi sayang sama kami ahhahaha. Hal lainnya, seneng sih nambah banyak temen dari berbagai negara, jadi makin semangat explore musik," tambah Viza.

Langsung bikin bule-bule nge-fans!

Oh, iya, karena aksi mereka, Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko juga nggak sungkan memberikan penghargaan dan apresiasi untuk V1mast, lho. Dubes Indonesia untuk ceko bapak DR Aulia A. Rachman mengungkapkan kekagumannya terhadap mereka karena bisa mencampurkan budaya Indonesia dengan budaya pop yang ada sekarang.

“Kami dapat penghargaan khusus dari pak dubes, akrena berhasil membawa musik indonesia ke ranah internasional. Super thanks juga buat Badan Ekonomi Kreatif yang full support keberangkatan kami kali ini,” pungkas Viza.

Salut, deh, untuk kalian. Semoga ke depannya makin banyak festival dan jadwal manggung di nagri sana, dan kalian bisa terus membaw anama Indonesia di kancah internasional. Sukses terus, guys!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest