Follow Us

PR Dihapuskan, Pelajar (Mau) Pulang Sekolah Tanpa Beban!

- Kamis, 15 September 2016 | 08:45
PR Dihapuskan, Pelajar (Mau) Pulang Sekolah Tanpa Beban!
Hai Online

PR Dihapuskan, Pelajar (Mau) Pulang Sekolah Tanpa Beban!

Keputusan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ternyata bikin iri para pelajar Indonesia. Mereka juga mau kalo pekerjaan rumah (PR) dihapuskan, jadi pelajar bisa pulang sekolah tanpa beban!

”PR dari kelas itu banyak kak, nggak cuma ngerjain soal tapi kadang kita juga harus bikin tugas presentasi yang banyak. Kalo tugasnya udah numpuk parah, gurunya minta hasil presentasi di-upload ke YouTube. Emangnya kuota kita banyak?” curhat David Vincensius kepada HAI, Rabu (14/9) kemarin.

Keluhan lain datang dari Firstyo Dewo yang katanya kalo lagi dapet tugas yang menumpuk dari sekolahnya, dia jadi susah buat ngumpul sama teman-teman dan menjalani hobi main futsalnya.

”Kan susah juga kalo ada PR Kimia, tugas presentasi Biologi, Bahasa Indonesia dan bikin pra karya kewirausahaan, itu semua bikin kita jadi susah berkegiatan, susah pacaran juga,” kata Tyo panggilan akrabnya saat ditemui HAI, Kamis (15/9) ini.

Gara-gara sering mendapat tumpukan tugas yang segudang itu, nggak sedikit teman-teman yang akhirnya jadi siswa yang terburu-buru. Sehabis pulang sekolah, mereka jadi harus buru-burubuka buku, searching google, copy paste dan yang paling serig dikakukan adalah nggak melakukan semua itu kecuali besok pagi ”nyalin” di lorong kelas.

”Jujur sih iya, gue nyalin ke anak-anak cewek, yaa... mau gimana lagi kebiasaan temen-temen cowok pada begitu. Habis gurunya juga, belom kelar nerangin kita udah dikasih tugas, biasanya pas jam terakhir pelajaran, tuh, besoknya udah harus dikumpulin, padahal hari itu nggak ada pelajarannya, tapi harus taro di meja,” aku Tyo lagi kali ini curhat panjang.

Dihapus atau Diganti?

Mengerjakan tugas dengan terburu-buru akibat tugas yang sering mmenumpuk itu yang bikin pelajar nggak tenang dan seakan punya beban kalo pulang sekolah. Padahal pinginnya, PR benar-benar dihapuskan dan diganti dengan yang lebih menyenangkan.

”Gue sih pengennya diganti sama kegiatan-kegiatan di luar belajar kayak ekskul gitu tapi dapet nilai, pokoknya kegiatan yang menyenangkan sesuai minat tapi bisa meningkatkan kreativitas kita,” saran Angga Dijaya dari SMAN 65 Jakarta.

Kalau melihat keputusan Bupati Purwakarta yang menghapuskan PR akademis dan menggantinya dengan kegiatan yang membantu orangtua, Diajeng Juditya dari SMAN 7 Depok misalnya, menyarankan tugas/PR dihapus total dan nggak perlu digantikan apapun juga yang mengharuskan siswa membawa pulang trugas tersebut.

”Jadi PR dihapusin aja diganti tugas sekolah. Tugasnya dikumpulin hari itu juga. Kan enak, jadi sampe rumah nggak ada beban apa-apa lagi,” terangnya.

Nah, soal pekerjaan rumah ini bakal HAI bahas lebih lanjut. Mau tahu PR apa yang paling berat dikerjakan para pelajar di sekolah lain dan bagaimana mereka menyikapi aturan yang menghapuskan PR akademis dan menggantinya dengan PR sosial alias membantu orangtua di rumah? Tunggu edisi 39 yang terbit 26 September 0 2 Oktober mendatang!

Tetap semangat ya guys!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest