Follow Us

Sabun dari Pisang Ini Bikin Semangat SMAN 2 Kisaran pada TEY10

- Rabu, 14 September 2016 | 03:45
Penanaman pohon pisand untuk proyek
Hai Online

Penanaman pohon pisand untuk proyek

Salah satu finalis Toyota Eco Youth 10 yaitu tim dari SMA Negeri 2 Kisaran, Jasmine Aulia dan Restu Alam. Kepada tim TEY10, tim ini menceritakan kebahagiaan dan harapan mereka setelah terpilih menjadi finalis dan step apa saja yang telah mereka lakukan demi terealisasinya projek mereka yang berjudul “Panen Daya Guna Tumbuhan Pisang”.

Panen Daya Guna Tumbuhan Pisang, memiliki manfaat untuk mengurangi pemakaian sabun dan plastik dengan menggunakan bahan organik agar tidak merusak lingkungan, seperti daun pisang yang terdapat pada ide kami. Proyek ini memiliki nilai plus dimana proyek ini sederhana tetapi dapat mengubah cara berfikir seseorang untuk lebih kreatif dan lebih peduli terhadap lingkungan dengan cara yang simple tanpa membuat keribetan untuk merealisasikannya.

Menurut Jasmine, banyak ide yang muncul untuk diikut sertakan dalam loba bahkan orang-orang sekitar dan pembina. Tapi pada akhirnya jasmine dan tim melakukan pengembangan dalam ide yang mereka ambil. Yakin projek ini akan kepilih 50%, dan sisanya Jasmine menyerahkan kepada Yang Maha Kuasa

“Kami bersyukur bisa kepilih menjadi 25 finalis TEY yang membanggakan bagi sekolah kami. Dan untuk proyek kami, kami optimis dan yakin untuk bisa menjadi yang terbaik dan membanggakan sekolah kami.” Ujar Jasmine

Sampai saat ini proses yang dilakukan, step pertama adalah pencarian bibit pohon pisang, yang kedua penanaman bibit di lingkungan sekolah, penyiraman rutin, pengontrolan bibit pisang yang telah kami tanam, dan pada tanggal 17 Agustus akan melakukan sosialisasi.

Ketika ditanyakan pendapatnya tentang saingan pada 25 besar ini, Jasmine menjawab dengan bijak bahwa sebagai finalis mereka harus bekerja keras untuk merealisasikan proyek masing-masing Karena bukan hanya menang aja yang ingin didapat tetapi disini dilatih untuk mengembangkan dan merealisasikan ide-ide kreatif yang berdampak baik bagi lingkungan dan sekitarnya.

“Kalau kami sebagai tim selalu optimis dan tangguh untuk menghadapi lawan dari 25 finalis tersebut. Semua finalis mempunyai nilai plus masing-masing, jadi kita harus bersaing secara sehat. SEMANGAT!” Ujar Jasmine semangat.

Setiap finalis pasti memiliki harapan bahwa proyeknya dapat terealisasikan dan berjalan dengan baik dan terus dilanjutkan, bahkan harus ditambahkan ide-ide yang baru untuk lebih membangun ide yang lama. “Kami berharap kami dapat mewakili SMAN 2 Kisaran, Kabupaten Asahan dan juga Sumatera Utara untuk meraih kemenangan dalam kategori social Project. Aamiin.” (Tiwi)

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest