Follow Us

3 Akibat Keseringan Pake Earphone Keras-keras!

- Kamis, 08 September 2016 | 06:30
3 Akibat Keseringan Pake Earphone Keras-keras!
Hai Online

3 Akibat Keseringan Pake Earphone Keras-keras!

Waktu dengerin musik, pasti lebih asik pakai headset, earphone ataupun kawanannya yang lain. Nah, kalian tau nggak kalau sebenarnya hal ini bisa berdampak buruk untuk tubuh kita. Mau tau? Yuk simak!

Sebelumnya kita bongkar dulu ada apa aja sih di headset, headphone, earphone, dan handsfree?

Pertama, di headset ada berupa mikrophone dan speaker. Dari segi penggunaannya, headset sendiri sering dipasangkan dengan PC. Sementara headphone yang bentuknya nggak jauh berbeda dengan headset, tidak dilengkapi dengan mikrophone.

Bagaimana dengan earphone? Dari fungsinya, earphone tetap sehati dengan headset dan headphone. Namun, bentuk earphone lebih kecil dan simple, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Penggunaan earphone biasanya dipergunakan untuk musik player. Adapun handsfree cuma nggak pakai kabel dan biasanya dilengkapi dengan tombol fungsi.

Nah kalian sering pakai yang mana? Dari ke empat tipe perangkat tadi, sebenarnya punya dampak buruk untuk kita. Apalagi kalau pemakaiannya sering. Dari pada penasaran apa dampaknya, ending cek 3 bahaya keseringan pakai alat yang nempel di telinga kita?

  • Kerusakan Pada Telinga
Hal yang biasa terjadi di kalangan remaja ini dikarenakan telinga sudah tidak dapat menanggung beban yang diterima dari perangkat audio tadi. Suara keras yang terpancar langsung ke lubang telinga ini pastinya menyebabkan kerusakan pada telinga, khususnya bagian gendang.

  • Kehilangan Pendengaran di usia 20-an
Efek samping secara permanen mungkin tidak langsung datang saat itu juga. Tetapi bagaimana dengan 5 tahun ke depan? Apa iya, pendengaran mash normal? Efek akan datang secara perlahan, dan finalnya akan hadir pada saat umur menginjak angka 20.

  • Kerusakan Otak
Gelombang elektromagnetik dari perangkat audio ini memiliki pengaruh terhadap listrik otak. Meski dalam uji coba terhadap tikus efeknya lumayan, para ahli belum mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap otak manusia. Walaupun begitu, kalian harus tetap berhati-hati, ya gengs! (T-HSC#7)

Ditulis Fanessa Mellinia T. – SMAN 1 Pati

Artikel ini ditulis sebagai bagian dari program 7 Hari Bercerita yang diikuti oleh HAI School Crew, komunitas wartawan pelajar HAI.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest