Follow Us

Tipe-tipe Pelajar Berdasarkan Caranya Mencatat Pelajaran

Rizki Ramadan - Kamis, 08 September 2016 | 03:30
Beginilah Ketika Tugas Sekolah Setingkat Tugas Kuliah
Rizki Ramadan

Beginilah Ketika Tugas Sekolah Setingkat Tugas Kuliah

Catat mencatat ternyata sangat penting khususnya buat lo pelaksana kurikulum 2013 (kurtilas), karena kurikulum yang berbasis pada kemandirian siswa. Dari yang kecil, handy, sampai yang paling praktis. Ada binder, notes, atau slide presentation. Nah, buat kalian yang masih bingung catat mencatat dimana, bisa banget simak tulisan ini, dan tentukan team manakah kalian?

#TeamBinder

Binder biasanya tampak ditenteng kalangan cewek-cewek bertas totebag dengan hardcover berwarna-warni. Nggak cuma untuk gaya-gayaan, di balik fungsi itu ternyata ada banyak kelebihan dari binder ini. Binder ini lebih praktis dibanding notes, karena lo cukup mengaitkan kertas binder pada ring binder di bagian yang lo inginkan.

Selain itu, binder bisa dibilang one in a whole package. Kenapa? Lo bisa bawa catatan seluruh pelajaran di satu bundle buku. Praktis kan? Nggak cuma itu, menurut Ranti Dian, siswi SMAN 61 Jakarta ini lebih senang menggunakan binder sebagai media mencatatnya, karena dengan binder ini, dia bisa berlatih untuk nggak teledor karena seluruh isi catatannya ada di binder.

Wah, boleh juga, ya caranya Ranti. Nah, binder ini bentuknya ada bermacam-macam. Dari bentuk cover, ada yang acrylic cover, da nada yang hard cover. Dari jumlah ring, rata-rata pelajar menggunakan antara 26 ring atau 20 ring. Belum lagi, varian warna dan desain yang banyak ditawarkan.

#TeamNotes

Nah, notes ini biasanya terpaksa dimiliki oleh kebanyakan pelajar karena tuntutan beberapa guru yang minta disediakan buku catatan khusus buat mata pelajarannya. Namun nggak jarang juga yang lebih suka mencatat di notes.

Survey kecil-kecilan yang udah dilakukan membuktikan, banyak dari mereka yang memilih lebih suka mencatat di buku catatan karena nggak tercecer dan nggak tercampur dengan mata pelajaran lain.

Selain itu, stok kertasnya lebih banyak dibanding binder, yang harus berbagi pembagian kertas dengan pelajaran lain. Notes, dari ukurannya dibagi menjadi A4, dan B5 yang rata-rata sering digunakan oleh pelajar. Untuk ketebalan ada banyak sekali macam berat kertas dan jumah lembar yang mempengaruhi ketebalan kertas. Namun kelemahannya, nggak jarang yang buku catatannya hilang gara-gara dipinjem teman yamg kurang bertanggung jawab, lupa naruh, dan terselip karena bentuk fisik yang lebih tipis dibanding binder.

#TeamSlide

Ini dia, solusi buat lo yang suka teledor dan mager bawa bawaan banyak-banyak. Yap, dengan menggunakan slide presentati yang bisa diakses lewat ponsel ini nggak jarang digunakan di kalangan pelajar masa kini.

Ditambah lagi dengan sound effect dan animasi yang sangat membantu lo untuk mengingat materi di catatan. Karena, dengan metode audio visual ini kita jadi lebih cenderung cepat menghafal. Namun sayangnya, kekurangan dari slide adalah sangat tergantung pada battery life gadget. Jadi harus siap sedia powerbank untuk berjaga-jaga.

Nah, itu tadi pilihan media mencatat buat kalian. Semoga membantu, dan which #Team are you?

Oleh Alifa Shavira - SMAN 81 Jakarta | ditulis sebagai bagian dari program 7 Hari Bercerita bersama HAI School Crew

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest