Follow Us

Eksis Jadi Anak Band di Sekolah, Bisa Gampang Bolos?

- Kamis, 08 September 2016 | 08:30
Nabyl, Anak Band yang Cuek di Sekolah
Hai Online

Nabyl, Anak Band yang Cuek di Sekolah

Kali ini, HAI lagi ngebahas tuntas tentang sepak terjang teman-teman kita yang serius bermusik, meski masih berseragam putih abu-abu. Banyak hal yang bakal kita bahas, salah satunya, apa bener, eksis jadi anak band di sekolah, bisa gampang bolos? Supaya nggak penasaran, silhkan simak cerita tentang salah satu teman kita bernama Nabyl, di bawah ini.

Apa yang ada di bayangan lo ketika dateng ke sebuah acara Maulid Nabi? Sederetan anak-anak muda yang pandai ngaji atau segerombolan grup marawis membawakan lagu-lagu bernuansa Timur Tengah? Ya, pastinya bayangin itu nggak salah, karena udah sewajarnya di acara keagamaan seperti itu, penampilan hiburan seperti itulah yang biasanya hadir.

Bakal jadi nggak biasa, kalo yang main adalah cowok bernama Nabyl. Waktu itu, dia baru aja mau lulus dari SD, musik yang lagi disukain doi saat itu adalah Pee Wee Gaskins sampai Avenged Sevenfold. Campuran antara seorang party dork yang mencintai metalcore ala A7X ada di dalam tubuh seroang Nabyl, saat itu. Acara Maulid Nabi itu bakal terus dikenal oleh Nabyl seumur hidupnya, karena itu adalah panggung pertama dalam karir bermusiknya. Gimana penampilan Nabyl dan teman-temannya di acara itu? Mending nggak usah diceritain lebih detail, ya. Hehehe....

Dalam periode yang sama itulah, Nabyl merasakan momen pertamanya rekaman. Hasilnya? Ancur!

“Akhirnya di kelas X, awal pas akhir masa SD, gua bikin demo dan itu jadinya ancur banget! Ancur banget lah pokoknya,” katanya.

Pengalaman nggak enak kaya gitu bukannya bikin kapok, tapi malahan bikin doi makin terpacu dan ngulik musik jauh lebih dalam. Mulai dari bawain The Sigit, Queen, sampai Arctic Monkeys akhirnya pernah dirasain sama Nabyl. Apalagi, pengalaman pernah ikutan les gitar, jadi modal yang cukup berharga buat doi makin serius bermusik.

Alhasil, pengalaman tampil di cafe bareng komunitas yang sering bawain lagu-lagu Queen sempat rutin dia jalanin. Tapi itu nggak lama, karena rasa jenuh dateng ketika cowok yang sekarang tercatat sebagai warga SMAN 81 Jakarta itu masih duduk di bangku kelas VII SMP.

“Terus mulai ngomong sama abang gue ‘paling enak bikin musik apa nih?’ Lanjut jamming-jamming sama abang gue, dan akhirnya gue udah dapet bayangan lah buat main apa. Untuk menentukan garis tengahnya diambil lah genre alternative dan indie rock yang kebawa sampai di band sekarang yang sama abang gue ini, Chewing Sparkle. Terus abang gue ajak temannya buat masuk, dan akhirnya gonta ganti personil. Kemudian masalahnya tuh nggak dapat bassist yang cocok, dan akhirnya gua yang main bas,” kisahnya.

Nah, dengan nama Chewing Sparkle inilah, Nabyl mulai menemukan zona terbaiknya untuk mengembangkan bakatnya di musik.Tapi, kayanya ada yang ganjil, nih, kalo ngedenger ceritanya Nabyl, kayanya sekolah dan love life-nya doi jadi datar banget. Hidup buat musik banget, sob?

“Imej anak band yang keren kayaknya nggak berlaku buat gua deh, hahaha..., Kalo gue sendiri di sekolah biasa aja, gua pribadi di sekolah sama aja kaya anak yang lain. Gua nggak terlalu terbuka banget kaya promosiin ‘hey gua anak band nih’ . Responnya biasa-biasa aja, palingan responnya banyak yang nanyain kok gua sering bolos. Karena setiap gigs ada yang mesti gua check sound di pagi harinya, akhirnya membuat gua bolos, atau nggak setengah hari aja bolos. Dan nyokap ngedukung banget gue main musik. Jadin gue sering dibikin surat sakit boongan sama surat izin acara keluarga, jadi guru gue nggak curiga,” curhatnya.

Hmm..., apa bener dengan jadi anak band bakal gampang ‘bolos’ sekolah? Cek selengkapnya di HAI edisi 36 yang terbit sejak Senin (5/9) lalu.

Baca Juga

7 Tempat Yang Biasa Jadi Tujuan Bolos Sekolah

Sekolah Tekno, Makin Susah Bolos!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest