Follow Us

Cara Cepat Jago Berbahasa Inggris versi Anak Sekarang

- Rabu, 07 September 2016 | 06:30
Kriteria penerjemah bahasa film
Hai Online

Kriteria penerjemah bahasa film

Pengen nggak, sih, bisa lancar Bahasa Inggris tanpa harus bayar guru buat ngajarin? Pastinya iya, dong. Mungkin banyak di antara kita yang masih susah untuk berbahasa Inggris, ada yang kesusahan dengan grammar-nya, atau ada yang kesusahan dengan pengucapannya. Semua masalah itu wajar dalam proses belajar. Masalahnya, kalau kita tidak mendapat kesulitan semacam itu, kita juga nggak akan belajar.

Nah, kali ini, kita akan bahas cara belajar Bahasa Inggris secara ototidak. Pas banget, kan, buat yang pengen bisa tapi malas les? Hehehe.

Perkaya kosa kata

Yang satu ini bisa kita lakukan dengan banyak menonton film berbahasa Inggris. Tapi kalau sedang menonton, jangan pakai subtitle Bahasa Indonesia, tapi yang Bahasa Inggris. Untuk apa? Biar kita bisa tahu penulisannya gitu, dan kadang, kan lebih mengerti ketika membaca daripada mendengarkan langsung. Atau cara lain? Bacalah novel berbahasa inggris, baca berita dengan bahasa inggris, atau yang paling nekat, bacalah kamus bahasa inggris.

Selipkan dalam keseharian

Jadi, selama kita belajar, jangan pernah takut. Karena sekali takut, itu semua sama-sama menyia-nyiakan ilmu. Berani aja. Dalam hal yang sedang kita bahas, beranilah untuk menyelipkan sedikit bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari. Walaupun sekadar basa-basi.

Cari tutor sebaya

Gini, nih. Kita pasti punya banyak teman yang lebih pandai dalam berbahasa Inggris. Nah, ajak saja temanmu untuk ngobrol, atau chatting, barang kali (dalam Bahasa Inggris, ya!). Sesekali ajak temanmu untuk membenahi grammar yang mungkin masih salah.

Jadi seperti itulah, beberapa cara belajar Bahasa Inggris tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk jasa les-lesan. Cukup andalkan hal-hal yang ada di sekitar kita seperti internet dan teman sebaya. Dan, yang harus kita akui, kepepet (misal: dana les) memang akan memunculkan hal-hal kreatif! (T-HSC#4)

Oleh Elizabeth Sheila - SMA Stella Duce 1 | Artikel ini ditulis sebagai bagian dari program 7 Hari Bercerita yang diikuti oleh HAI School Crew, komunitas wartawan pelajar HAI

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest