Follow Us

Kenali Level Bau Kakimu

- Selasa, 26 Januari 2016 | 10:15
Kaki bau bikin malu
Hai Online

Kaki bau bikin malu

Seperti bau badan, selain bikin nggak pede, bau kaki juga mengganggu kenyamanan orang yang berada di sekitar kita. Biasanya bau kaki disebabkan karena kondisi kaki lembap serta berkeringat yang bercampur dengan bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Di kaki kita terdapat lebih dari 250.000 kelenjar keringat yang memproduksi 570 ml keringat setiap hari.

Sayangnya, kadang kita sendiri suka nggak sadar kalau kita memiliki bau kaki. Bau kaki itu dianggap hal yang biasa. Padahal itu justru bikin orang lain males berada dekat-dekat dengan kita. Nah, coba deh mulai sekarang mulai peka dengan si bau kaki supaya bisa ditangani lebih dini. Nah, biar tau cara penangannnya, cek dulu, nih, level-nya!

Level 1: Relatif Segar

Di level ini, bau keringat lo nggak terlalu menyengat. Tapi bukan berarti lo cuek sama kebersihan kaki. Biar kaki lo nggak bau, lo bisa mencuci kaki dengan sabun exfloating untuk menghaluskan kulit dan pengelupasan sel-sel mati. Dengan begitu, jamur dan bakteri tidak akan berkembang di setiap sudut jari kaki. Satu lagi, supaya terhindar dari bau kaki, sebisa mungkin gunakan sepatu yang berbeda setiap hari, agar sirkulasi udara dalam sepatu berputar dengan baik.

Level 2: Sedikit Apek

Kalau lo tiba-tiba mencium bau yang kurang sedap dan itu berasal dari kaki lo, itu artinya di sela-sela jari kaki lo berkeringat. Artinya kita harus mengurangi kelembabab di sekitar kuku dan jari-jari kaki. Nah, kalau sudah begini, hal yang harus lo lakukan adalah memberikan antiperspirant kaki. Bisa dalam bentuk spray ataupun cream. Gunakan secara teratur sebelum lo memakai sepatu.

Level 3: Agak Menyengat

Kalo bau kaki sudah mulai menyengat, kita udah harus berjaga-jaga nih. Berarti si bakteri dan jamur udah mulai “berkuasa” di kaki. Jadi, sebaiknya bakteri inilah yang harus kita basmi. Tea tree oil dipercaya mampu menolong bau kaki kita pada level ini, karena memiliki khasiat anti-jamur dan anti-bakteri. Cara lainnya, lo bisa juga merendam kaki dengan air larutan air garam sekitar 20 menit untuk membantu menghilangkan problem bau kaki. Atau bisa juga dengan larutan cuka selama kurang lebih 30 menit. Bisa juga dengan teh, karena teh juga berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri di kaki.

Level 4: Busuk

Kalau temen-temen lo,bahkan kecoa, cicak dan sejenisnya udah pada nutup hidung, lalu kabur ketika lo membuka sepatu, itu tandanya bau kaki lo udah level parah, bro! Saatnya lo berkonsultasi ke dokter kulit atau ahli penyakit kaki (podiatrist). Mulai sekarang, lo juga mempertimbangkan pula kaos kaki dan sepatu yang dipakai.

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular