Follow Us

Hai

/

Art

Ini Dia 3 Tips Memotret Refleksi

Ega Hai - Senin, 01 September 2014 | 09:41
Ini Dia 3 Tips Memotret Refleksi
Ega Hai

Ini Dia 3 Tips Memotret Refleksi

Memotret refleksi membuat kita puas melihat hasil foto yang bagus. Yah, walaupun dalam pengerjaannya lebih sulit dari kelihatannya. Tapi nggak ada kata sulit, semua gampang asal kita tau triknya.

Simak nih, 3 tips memotret refleksi!

1. Peraturan dasarRefleksi berhubungan dengan depth of field atau ruang tajam, cobalah gunakan angka diafragma tinggi sekitar f/11 atau lebih, karena akan membantu menyeimbangkan objek sehingga mata melihatnya lebih dekat dengan refleksinya dan mendukung efek pantulan untuk muncul.

Fokus sangat bergantung pada jarak antara objek dengan pantulannya. Pertama, cobalah fokus pada objek, lalu pada refleksinya. Ini akan membuat hasil yang sedikit berbeda, tergantung pada seberapa banyak perhatian yang kamu inginkan untuk refleksinya.

Terakhir pastikan sudut datangnya cahaya dan bagaimana ini bisa mempengaruhi refleksi yang tampak. Jika melakukannya di studio, kamu bisa memanipulasi faktor cahaya matahari berarti harus mengeksplor sudut pandang yang berlainan untuk mendapatkan titik yang paling efektif.

2. Air dan landscapePastikan memotret saat cahaya sedang bagus. Apakah saat itu matahari terbit atau saat akan tenggelam. pastikan juga membawa tripod untuk mendapatkan foto tertajam dan gunakan juga beberapa filter lensa. Polarizing filter akan sangat membantu untuk mengontrol cahaya yang terpantul dari permukaan air. Sementara filter graduated ND akan membantu agar langit tidak over-exposed.

Baca Juga: Emily Maye: Fotografi Dan Sepeda

3. Benda-benda yang berkilauFotografi yang memanfaatkan refleksi tidak harus menggunakan air dan landscape. Ada banyak permukaan yang bisa digunakan untuk foto sehari-hari seperti cermin, kaca, metal, lantai keramik, dan bahkan meja kayu yang licin.

Penting buat diingat kalau permukaan yang licin seperti yang disebutkan di atas nggak menyerap cahaya, jadi kalau kamu menggunakan lampu, pikirkan tentang jumlah cahaya dan pantulannya di permukaan tadi. Kamu mungkin ingin mencoba menyorotnya dari atas atau belakang objek. Ini juga berlaku untuk flash, yang mungkin nggak fleksibel karena cahayanya pasti akan langsung memantul balik.

Pastikan juga permukaannya bersih dari goresan atau sidik jari, terutama jika berfokus pada detail di refleksinya. Permukaan yang datar lebih mudah digunakan karena bisa memberikan refleksi yang lebih menyeluruh.

Baca Juga:

Kuliah Fotografi : JANGAN TAKUT SAINGAN

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest