Follow Us

Laskar Gonz: Tim Suporter Sekolah Yang Selalu Hitam dan Nyentrik

Rizki Ramadan - Rabu, 07 September 2016 | 06:27
Laskar Gonz, tim suporter SMA Kolese Gonzaga Jakarta
Rizki Ramadan

Laskar Gonz, tim suporter SMA Kolese Gonzaga Jakarta

Nama Laskara Gonz pasti udah akrab banget di telinga anak Jakarta. Maklum, sih, soalnya tim suporter sekolah bilangan Pejaten, Jakarta Selatan ini udah terbentuk sejak 1987. Tiap kali ngelaskar (istilah Laskar Gonz untuk support tim) mereka dikenal sebagai pasukan hitam yang selalu tampil nyentrik.

Mereka sering berpakaian aneh-aneh seperti pakai topeng gorila atau monyet guys. Bahkan, mereka juga pernah membuat seolah ala grim reaper gitu. Ngeri.

O ya, ngomong-ngomong soal pasukan hitam, HAI menyebutnya bukan tanpa alasan. Soalnya, atribut yang mereka bawa selalu yang bernuansa hitam.

“Biasanya kita menghimbau anak-anak untuk memakai baju berwarna hitam. Selain itu biasanya kita bawa syal hitam bertuliskan Kolose Gonzaga,” beber wakil Laskar Gonz William Francois Wahyudi. Selain itu, bendera dan spanduk yang mereka bawa juga selalu berwarna hitam.

Kalo ngomongin soal yel-yel, lagu mereka lumayan banyak guys. Yang menciptakan lagu yel-yel mereka biasanya dari jenderal-jenderal dan pengurus. Tapi, mereka juga pernah buat lagu saat mereka ngelaskar kok.

“kita pernah buat bareng juga pas ngelaskar pas nunggu pertandingan selanjutnya haha,” kata Bram.

Laskar Gonz, tim suporter SMA Kolese Gonzaga Jakarta
Well, itu dua dari banyal lagu yel-yel yang mereka punya. Nah, untuk mengakhiri dukungan Laskar Gonz dalam suatu pertandingan, mereka punya tradisi menyanyikan suatu lagu dari band Endhank Soekamti berjudul “Long Live my Familiy”.

Soal koreografi, Laskar Gonz juga jagonya bikin wave. Ketua Laskar Gonz, Briangga Herswastio Bromo bilang, kalo udah bikin wave itu seru banget dan terlihat bagus gitu sob. Selain itu, mereka juga punya banyak gerakan sendiri lho, dan itu hasil buatan mereka sendiri.

Nah, kalau lo udah sering dateng ke kompetisi sekolah pasti udah tau banget tabiat Laskar Gonz. Mereka langganan ditegur panitia saking hebohnya.

“Kalau rusuh ya biasanya karena emang rusuh banget, mancing emosi dan kadang-kadang kita suka rusuh sampai masuk lapangan. Makanya kadang-kadang kita dikenain sanksi gara-gara terlalu rusuh,” sambung Bendahara Laskar Gonz, Graziella. Weits, yang satu ini perlu agak diredam, tuh.

Ternyata, dari kegiatan support yang Laskar Gonz lakukan, mereka hampir nggak pernah latihan lho. Soalnya, ungkap doi, dari awal masuk Gonz, siswa-siswinya udah kentel banget sob dengan ngelaskar.

“jadi dari awal udah ngerti banget ngelaskar tuh gimana. nah, kalo untuk pengurus dan jenderal-jenderal inilah yang nanti bakal mimpin ngelaskar, jadinya ubat anak-anak lain tinggal ngikutin,” rebetnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest