Follow Us

Cek 8 Tanda Remaja Ngalamin Mood Disorder alias Depresi Dini

- Kamis, 20 Oktober 2016 | 07:45
depresi
Hai Online

depresi

Remaja seumuran kita gini mudah banget kena penyakit yang namanya depresi. For Your Information, depresi adalah hal umum di kalangan remaja. Pernah denger istilah bipolar? Bipolar itu adalah diagnosis kesehatan paling umum ketiga pada remaja di bawah umur 18 tahun.

Kata Stephanie Dowd, Psy.D seorang psikolog klinis Anxiety and Mood Disorder Center di Child Mind Institute, New York City ada delapan sinyal yang harus kita tau apakah kita mengidap depresi atau nggak? Ini 8 tandanya!

Lebih sering murung

Udah jadi standar umum yang dipakai kalo kalian ngererasa sedih atau mudah marah atau keduanya, setiap hari. Terus tanda kalo kalian depresi adalah lesu atau kurang energi, dan memang itulah yang terjadi.

Nggak tertarik sama hobinya lagi

Kalo kalian biasanya ngeband, main sepabola, basket. Terus tau-tau udah gak tertarik lagi, bisa jai juga itu karena depresi. Nama gejalanya tuh adalah anhedonia

Menarik diri dari orang lain

Kalian mulai males buat bersosialisasi, gak mau lagi gaul sama temen disekolah atau bahkan keluarga

Perasaannya mulai mengganggu aktivitas

Rasa sedih, marah, bete yang kalian rasain mulai buat kalian malas bersekolah, malas berteman dan mungkin hanya mau mengurung diri di kamar.

Kebiasaan makan dan tidurnya berubah

Bangun dimalam hari, ngantuk disiang hari. Jam maka yang gak teratur atau malah jarang ngerasain lapar. Insomnia juga bisa jadi akibat dari kita itu depresi

Tidak nyaman dengan dirinya sendiri

Merasa gak berharga, gak percaya sama diri sendiri, selalu ngerasa bersalah atas sesuatu kesalahan walaupun bukan perbuatan kalian sendiri.

Terlibat dalam perilaku berisiko tinggi

Nah ini udah yang paling bahaya, kalo lo udah nyoba hal-hal kayak seks bebas dan narkoba. Wajar sih kalo remaja tuh mau coba-coba, tapi setiap kali lo mau coba-coba hal kayak gitu pikirin lagi masa depan yang udah dicita-citakan sebelumnya

Mengungkapkan pikiran tentang menyakiti diri sendiri

Kalo lo pernah ngomong atau berencana pengen bunuh diri, ini adalah sinyal serius bahwa lo perlu pertolongan konsultan mental atau psikolog segera.

(Ikka Pratiwi)

Source : kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest