Follow Us

Waduh, Benua Australia Bergerak Mendekati Indonesia! Apa yang Akan Terjadi?

Alvin Bahar - Jumat, 12 Agustus 2016 | 06:45
Australia - Indonesia
Alvin Bahar

Australia - Indonesia

Kita pasti tahu kalau benua Australia terletak tepat di bawah Indonesia. Nah, menurut sekelomok ilmuwan, benua asal kangguru ini ternyata terus bergerak mendekati Indonesia lho setiap tahunnya! Aduh, apa kita harus ngeri? Baca dulu yuk, sebab-akibatnya.

Apa penyebabnya?

Bergesernya benua Australia ini disebabkan oleh lempeng Bumi yang saling bertubrukan. Australia sendiri ada di lempeng tektonik Bumi (lempek Australia) yang paling aktif bergerak dan bertabrakan dengan lempeng Pasifik. Selain lempeng Australia yang terus bergerak, lempeng Pasifik pun terus bergerak setiap 11 cm setiap tahunnya, lho.

Berapa jauh bergeraknya?

Berdasarkan penelitian, ternyata benua Australia bergeser atau bergerak sebanyak 7cm mendekati Indonesia setiap tahunnya. Seperti yang diberitakan oleh ABC News Australia, berdasarkan data, sejak tahun 1994, Australia sudah bergeser ke arah utara (Indonesia) sejauh 1,5 meter.

Apa akibatnya?

Lempeng tektonik Australia yang terus begerak cepat dan bertabrakan dengan lempeng Pasifik ini tentunya akan mengakibatkan sesuatu yang hebat. Yap, tabrakan kedua lempeng Bumi ini bisa menyebabkan gempa hebat. Salah satu gempa hebat yang pernah terjadi gara-gara tabarakannya dua lempeng bumi adalah gempa yang melanda pula Macquarie (terletak antara Selandia Baru dan benua Antaratika) pada 23 Desember 2004 dengan kekuatan 8,1 SR. Gempa ini merupakan salah satu gembab yang disebakan oleh tabrakannya lempeng di bawah Australia dan lempeng Pasifik.

Selengkapnya soal akibat bisa kamu baca di halaman berikutnya.

Editor : Alvin Bahar

Latest