Follow Us

Ini Rahasia Pendidikan Finlandia Maju, Apa Pake Sistem Full Day School Juga?

Alvin Bahar - Kamis, 11 Agustus 2016 | 04:00
Muhadjir Effendy: Jangan Bully Saya,
Alvin Bahar

Muhadjir Effendy: Jangan Bully Saya,

Sistem full day school yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengundang pro dan kontra. Menurutnya, sistem Full Day School bakal sukses diterapkan di negara kita. Muhadjir mengaku berkaca dari negara Finlandia soal sistem pendidikan yang ia usulkan.

Katanya lagi, sistem seperti itu bisa membuat para pelajar pulang pada sore hari bersamaan dengan orang tua saat pulang kerja. Dengan demikian, orang tua bisa mengawasi anak mereka dengan tepat waktu.

"Dengan sistem Full Day School ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan nggak menjadi liar di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulang dari kerja," kata Mendikbud di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (7/8) kemarin, dikutip dari Kompas.com.

Finlandia memang jagonya soal pendidikan. Mereka bertengger di peringkat pertama Global Education Rank pada 2012 silam, dan nggak pernah lepas dari 10 besar.

Apa, sih, rahasianya sehingga negara tersebut bisa unggul di bidang edukasi? Apa pelajar di sana pulang jam 6 sore?

Untuk menjawabnya ada dalam sebuah video yang diunggah oleh akun YouTube Patrick Oh. Seorang pembuat film dokumenter Michael Moore ingin mengetahui rahasia kenapa Finlandia bisa merajai pendidikan. Langsung lanjut ke halaman berikutnya ya!

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest