Follow Us

Ini Alasan Mendikbud Usulkan "Full Day School"

Alvin Bahar - Senin, 08 Agustus 2016 | 06:00
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.
Alvin Bahar

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Muhadjir Effendy menggagas sistem "full day school" untuk pendidikan dasar (SD dan SMP), baik negeri maupun swasta. Alasannya sih, agar anak nggak sendiri ketika orang tua mereka masih bekerja.

"Dengan sistem full day school ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan nggak menjadi liar di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulang dari kerja," kata Mendikbud di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (7/8) kemarin, dikutip dari Kompas.com.

Menurut dia, kalau anak-anak tetap berada di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah sampai dijemput orang tuanya usai jam kerja. Selain itu, anak-anak bisa pulang bersama-sama orang tua mereka sehingga ketika berada di rumah mereka tetap dalam pengawasan, khususnya orang tua.

Aktivitas lain misalnya mengaji bagi yang beragama Islam, katanya, pihak sekolah bisa memanggil guru mengaji atau ustaz yang sudah diketahui latar belakang dan rekam jejaknya. Tetapi, kalau mereka mengaji di luar, dikhawatirkan ada yang mengajarkan hal-hal yang menyimpang.

Menyinggung penerapan full day school bagi pendidikan dasar tersebut, mantan Rektor UMM itu mengatakan saat ini masih terus dilakukan sosialisasi di sekolah-sekolah, mulai di pusat hingga di daerah.

"Nantinya memang harus ada payung hukumnya, yakni peraturan menteri (Permen), tapi untuk saat ini masih sosialisasi terlebih dahulu secara intensif," urainya.

Setuju apa nggak nih?

source: Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest